ODESSA MATTE LIPSTICK

by - July 10, 2018


Mendengar nama Odessa buat aku pribadi bukan sesuatu yang asing. Odessa merupakan salah satu brand lokal Indonesia, dan aku salah satu pengguna brand yang satu ini. Tapi kalau kalian mengetik di google pencarian dengan kata Odessa, yang muncul adalah sebuah kota di Ukraina. Boleh dicoba kalau penasaran. Jadi, jika ingin mencarinya ketik “Odessa Cosmetics”, agar lebih spesifik. Kalau buat kamu? Asing atau tidak dengan brand ini?

ABOUT ODESSA
Odessa merupakan brand kosmetik yang sudah ada sejak tahun 1990. Aku belum lahir pada saat itu, karena Mamaku saja belum menikah. :p . Odessa menyediakan beberapa item kosmetik seperti bedak, blush, eyeliner, cat kuku, dan parfume. Dari tahun 2010 aku sudah menjadi penggemar dari parfume keluaran Odessa. (Nanti kalau sempat aku akan review ya). 

Sekarang, Odessa mulai bersaing dan mengeluarkan lip cream dan matte lipstick yang memang sedang hits. Racun banget sih ini! Oh iya, brand ini merupakan brand saudara dari Eternally Beauty yang dinaungi oleh Ascocobeauty, yaitu perusahaan distributor kosmetik di departement storeUntuk sekarang aku masih stay pakai lipstik matte nya Purbasari yang super murah dan pigmented, atau Intens matte lipstick dari Wardah untuk sehari-hari. Tapi setelah tau ada matte lipstick dari Odessa, aku udah niat banget beli untuk nambahin simpanan lipstick yang aku punya.



ABOUT PRODUCT
Yes, aku akan me-review Odessa Matte Lipstick yang dibandrol dengan harga satuan Rp 39.000,-. Sebenarnya, ada 12 varian warna. Hanya saja warna yang memang menurutku sangat menarik dan pastinya bakalan aku pakai hanya ada 3, yaitu Redwood, Cordovan dan Burgundy. Selain itu, warna-warna yang aku pilih menurutku terbilang aman dipakai segala suasana, dan bisa juga di mix atau bahasa kerennya diombre.



Odessa Matte Lipstick ini diklaim tahan lama, terasa ringan di bibir, memiliki nuansa warna matte yang mencerahkan, dan melembapkan serta menutrisi bibir dengan kandungan vitamin E-nya.

PACKAGING
Lipstick ini dibungkus dengan segel plastik yang rapi. Kemasan kardus yang ditampilkan dari produk ini terbilang sangat simple, dengan pemilihan warna hitam dan putih, dan sedikit sentuhan warna merah pada bagian depan, yang terdapat di gambar bibir dengan bentuk tanda hati.



Di bagian sisi-sisi kardusnya juga sudah terdapat kode barcode nomor dan varian warna lipstick, tanggal expired, ingredients, dan klaim tulisan keunggulan dari produknya. Namun sayangnya tidak ada warna yang tertera di bagian kardus. Jadi, kalau tidak melihat di internet, atau testernya langsung, kita tidak bisa tahu warna asli dari lipstick-nya.




Lipstick ini memiliki berat bersih 2 gram, yang terbilang cukup sedikit dibanding lipstick matte yang pernah aku punya sebelumnya. Ketika dibuka bagian plastiknya, kita akan merasakan sensasi kardus yang agak timbul pada gambar dan tulisan di bagian depannya, dengan warna doff.

Untuk kemasan lipstick-nya sendiri terbuat dari bahan plastik berwarna hitam dan glossy. Di bagian tengah tutupnya terdapat tulisan mereknya berwarna putih yang tetap ada sentuhan lambang hatinya. Tapi, entah kenapa tutupnya terasa ringkih, jadi mudah sekali terlepas. Tak hanya itu, ketika lipstick-nya diputar, putarannya juga terasa kurang tegas. You know what i mean :)


INGREDIENTS
Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Caprylyl Methicone, Beeswax, Euphorbia Cerifera Wax, Octyldodecanol, Cyclomethicone,  Dimenthicone, Ozokerite, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Silica, Ethylhexyl Palmitate, Octyldodecyll Stearoyl Stearate, Polymethylmethacrylate, Methicone, Alumunium Starch Octenylsuccinate, Isopropyl Titanium Triisostearate, Fragance, Propylparaben, Methylparaben, Tocopheryl Acetate, BHT.


TEXTURE & SCENT
Di awal pemakaian, aku merasa lipstick ini sangat lembut, dan terasa sekali pelembabnya. Aku suka banget! Selain itu, aroma yang ada pada lipstick ini juga tidak menyengat.

RESULT OF USAGE
Klaim produk kalau lipstick ini ringan, that’s true! Aku juga suka hasilnya yang pigmented, dan punya tingkat coverage yang sangat baik. Dari ketiga warna yang aku punya, kamu bisa lihat hasil pemakaian di bawah ini ya!


703 Redwood (Nude kecoklatan) : Warna yang ini teksturnya pas, tapi perlu dua kali oles agar warnanya terlihat. Varian Redwood sangat cocok dipakai untuk keseharian, karena warnanya nude yang super natural.


704 Burgundy (Merah Keunguan) : Dari ketiga warna yang aku beli, ini yang teksturnya paling lembut. Sekali oles langsung terlihat banget warnanya. Jadi harus hati-hati ya kalau mengaplikasikan lipstick ini. Ini cocok untuk pergi ke pesta atau acara-acara formal di malam hari.


707 Cordovan (Orange) : Warna ini menurutku adalah yang paling segar, karena memang aku juga termasuk pecinta lipstick warna yang keorenan. Cocok buat kamu yang nggak suka bold lipstick, tapi tetap terlihat fresh ketika dipakai.


Aku juga mencampur warna Redwood dan Burgundy. Hasilnya??? Bagus banget. Warnanya itu jadi seperti warna dusty pink, ada nuansa sedikit keunguan. Pada dasarnya aku nggak suka pakai lipstick warna pink, tapi kalau sama warna campuran ini. I love it!
Kalau kamu suka yang mana?

Kira-kira cocok yang mana guys?

Detail di bibir.
*Untuk hasil warna pada pemakaian di setiap bibir, tentunya tidak selalu sama. Karena tone kulit atau warna bibir setiap orang berbeda ya. Kalau aku punya bibir yang tone nya agak  pink pucat.*

Warna Lainnya : 712 Nude, 711 Party Pop, 710 Forever, 709 Sunshine, 708 Elegance, 706 Sweetheart, 705 French Kiss, 702 Love, 701 Valentine.

KESIMPULAN
Secara keseluruhan aku suka banget produknya. Selain terjangkau, lipstick ini punya standar lipstik lokal yang sangat baik. Mulai dari packaging yang kekinian, sampai hasil pemakaian yang cukup tahan lama, mungkin sekitar 4-6 jam, sesuai dengan kegiatan apa saja yang dilakukan ya..
Kamu bisa membeli produk ini di Matahari Departement Store, Transmart, atau melalui online di Tokopedia.

Oh ya, teman-teman juga bisa lihat video pemakaian lipstick ini di Channel Youtube aku ya. Tinggal klik link-nya di bawah ini ya! Jangan lupa buat SUBSCRIBE, LIKE & SHARE. :)





Semoga bermanfaat, sampai ketemu di review selanjutnya!



RHIALITA

You May Also Like

22 komentar

  1. Hi Mbak Rhia, aduh manis ya shade Redwood ini. Cocok for daily banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak.. bener, yang redwood emang favorit aku mbak.. hehe


      Rhialita

      Delete
  2. Banyak brand barand yang ngg familiar tapi produknya bagus-baguuus mba. Aku suka yang bold. Warnanya kinclong bagus

    ReplyDelete
  3. Kemasannya sih ngingetin banget sama brand luar itu tuh.
    Dari ketiga Swatch ini aku suka yg redwood deh

    ReplyDelete
  4. Fix sudah dari ketiga warna ini, si burgundy memang lah akan jadi warna favorit aku, secinta itu sih sama warna-warna gelap. Hihi

    ReplyDelete
  5. wah odessa..
    yang aku tau blush on dan kuteknya aja..
    aku suka banget blush on dan kuteknya..
    jadi pengen coba lip product nya

    ReplyDelete
  6. Packagingnya mengingatkanku sama make over deh, tapi penasaran mau coba apalagi warna burgundy

    ReplyDelete
  7. cordovan cakep warna yang sering aku pake sehari-hari, yeyy nambah lagi deh referensi merk dari warna yang aku suka :*

    ReplyDelete
  8. Jujur baru tahu dengan brand Odessa, kudet banget yah, btw suka banget sama packagingnya dan kemasan lipstiknya yang berwarna hitam, elegan gitu keliatannya, shade-nya cakep ya, kayaknya coock juga buat kulitku yang agak coklat

    ReplyDelete
  9. Aku malah baru banget dengar Odessa padahal udh dari tahun 1990 yaaa, huhu belum pernah nyobain 1 pun produknya

    ReplyDelete
  10. odessa ini bagus banget. asli teksturnya creamy ga seret dan pigmented banget. Orang indonesia banyak yang belum kenal Odessa , padahal di malaysia orang nyariin odessa banget

    ReplyDelete
  11. Yang burgundy ama redwood favoritku nih hehe tipe2 warna yang bakal kepakai sama aku😇

    ReplyDelete
  12. Klo udah liat review lipstik mata langsung tuing tuing, jadi pengen beli. Mix redwood + burgundy cakep ya warnanya.

    ReplyDelete
  13. Waaahhh odessa.. Dari dulu aku udh pake cat kukunya odessa. Bagus banget lho. Mau beli lipennya belum kesempetan.. Btw, yg burgundy bagus tuh

    ReplyDelete
  14. Belum pernah denger brand ini, padahal udah lama juga yaa, Btw warnanya super cantik banget, buat daily Make up juga cocok, jadi mau coba 😍

    ReplyDelete
  15. Aku baru denger sekarang brand odessa, tp itu burgundynya ngingetin sama warna bibirnya hyuna di MV Lip Hip

    ReplyDelete
  16. Aku mau beli yang Cordova ah warnanya cakep banget,pengen nyobain juga lipstick Odessa ini

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau lho kalau odessa merk lana. Tuaan dia bahkan drpd umur aku

    ReplyDelete
  18. wah baru tau aku ada bbrand odessa. menarik yaa kalo kalo baca reviewnya. soon mau coba aaah

    ReplyDelete
  19. Baru tau aku ada lipstick odessa, baru tau odessa dari kamu. bagus yaa warna redwoodnya, racun banget nih ahhh padahal udah pengen stop belanja2 makeup hiksss

    ReplyDelete
  20. Ku kalau ke matahari suka lihat odessa ini, sepertinya brand dari jaman aku s1 inih hehehe.. burgundy itu shade aku, warnanya cantik

    ReplyDelete
  21. Wah racun banget ya mba warna2nya
    Jdi penasaran pengen kepoin brandnya

    ReplyDelete

Rhialitage