Main Sebentar di Dayang Resort, Singkawang

by - August 12, 2017

Di Kalimantan barat, sepertinya Singkawang menjadi salah satu destinasi favorit penduduk Pontianak. Salah satunya kami. Liburan kali ini judulnya “Dadakan. Malam sebelumnya tiba-tiba ibuku kepikiran mau ngajak jalan-jalan. Alhasil besok paginya kami berangkat. Kami sempat ke pantai sambil keliling-keliling cari kolam renang di sana, karena keponakan kepengen banget berenang.

Sebelumnya kami nggak tahu ada tempat yang satu ini, namanya Dayang Resort Singkawang terletak di Jl. Raya Pasir Panjang Km 15. Kelihatannya tempatnya masih baru banget, dan ternyata memang benar tempat ini resmi dibuka di bulan April 2017 lalu. Bangunannya masih kokoh, dan pasti tujuan utama kami adalah kolam renang. Di sini ada! Karena kami tidak menginap, jadi kami hanya berenang di sana menemani si keponakan yang suka banget main air.

Di sana tersedia beberapa kamar yang disewakan untuk mereka yang mau menginap, selain itu ada vila juga sebagai pilihan, dan terdapat danau di dekat vila-vila yang berjajar. Kalau nggak salah bisa menyewa sampan juga. Spot fotonya cukup banyak, tapi karena waktunya terbatas, aku nggak bisa lama-lama explore tempatnya, apalagi bawa anak kecil juga.

Uniknya di sini ada aula terbuka, jadi bisa disewa kalau kalian mau buat acara reunian atau ulang tahun, dll.  Karena kemarin aku lihat ada panggung kecil dan perlengkapan sound system, jadi bisa bernyanyi-nanyi gembira. Food court di sini juga nyaman dan luas, kursi dan mejanya juga didesain unik, jadi bagus juga untuk dijadikan background foto. (Tetep ya!)

Untungnya di sini diperbolehkan jika hanya ingin berenang saja tanpa menginap di hotel. Satu orang dikenakan biaya Rp 25.000,- Kalau ke sini jangan lupa membawa pakaian renang, karena di sini tidak menyediakan pakaian renang. Tapi kalau mau beli celana pendek di sini jual, harga satuannya hanya Rp 15.000,- tempatnya ada di dekat pintu masuk. Di sana juga jual beberapa pernak-pernik khas kalimantan.

Aku dan keluarga sudah persiapan bawa pakaian renang dari rumah, dan tak lupa bawa bekal makanan, karena kita nggak pernah tahu harga makanan di tempat yang baru kita kunjungi, kalau sampai kemahalan, kita juga yang kewalahan kan? Walaupun harga menu di sini cukup terjangkau juga kok, karena kami sudah bekal makanan dari rumah, jadi di sana kami hanya membeli minuman saja. Hehe. Nah, khusus yang menginap, tentunya fasilitas kolam renang gratis.

Suasana di sini nyaman banget, lingkungannya juga ramah anak, karena ada taman bermain di sekitaran resort ini, dilengkapi pasir di bawahnya, jadi kalau jatuh tidak terlalu sakit. Di sini ada tiga buah kolam renang, mulai dari ukuran semata kaki, selutut, dan kolam arus 1,5 meter. Terdapat penyewaan perahu ban karet juga lho. Waktu itu cuacanya juga sedang agak mendung jadi adem adem aduhai gitu. :D

Si keponakan happy banget, sampai nggak mau pulang, katanya mau nginep dan tidur di hotel. Duh nak.. mungkin karena tempatnya memang nyaman, anak-anak aja ngerasain ya, apalagi kita yang sudah dewasa. Memang karena masih baru, kolam renangnya bersih banget, kamar mandi dan airnya juga bersih.

Kekurangannya pertama kamar ganti hanya ada 4 ruang, kebayang kalau lagi ramai pengunjung? Kami beruntung waktu itu sepi, serasa itu tempat punya kami. Hehe.. Kedua, tempat bilasnya nggak tertutup sempurna, alias tidak ada gorden atau pintu yang menghalangi. Mungkin waktu itu mikirnya belum dipasang, atau memang desainnya begitu. Buatku sejujurnya kurang nyaman, apalagi aku wanita dan berhijab. Kalau untuk laki-laki masih bisa kali ya.

Setelah dirasa cukup puas, kami pun pulang sore harinya, karena perjalanan ke kota cukup memakan waktu. Pokoknya secara keseluruhan tempat ini cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga. Untuk harga hotel dan vilanya masih cukup standar, dengan fasilitas yang cukup nyaman. InsyaaAllah tidak mengecewakan..

Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang masih bingung cari tempat liburan bersama keluarga tercinta. Terimakasih sudah mampir, sampai ketemu di liburan selanjutnya ya!