TIPS FOTO OOTD

by - September 08, 2018

Feeds instagramku sebagian besar penuh dengan foto OOTD (Outfit Of The Day). Dari kecil aku memang suka sekali di foto, apalagi jika aku baru beli baju baru. *LOL*! Di samping itu juga, setelah beranjak dewasa banyak sekali teman dan kerabat dekatku yang sering tanya “Rhia beli bajunya dimana? Kok lucu sih? Bagus!” Dari sana, aku inisiatif bikin blog tentang OOTD sehari-hari aku untuk ke kampus, atau sekedar jalan-jalan. Jadi, teman-teman yang lihat bisa tahu aku belinya dimana, model bajunya seperti apa, dll.

Suamiku sangat mendukung kegiatan positif ini. Suamiku juga adalah fotografer di balik foto-foto OOTD aku dari dulu sampai sekarang. Dia hobi motret, aku suka dipotret, jadi serasi kan? *Nyengir* Dari sana, nggak sedikit juga yang tanya, tentang gimana caranya foto OOTD yang bagus dan sedap dipandang. Apakah harus di tempat yang mewah? Kata siapa? Atau harus di tempat yang artistik? Tidak juga. Kalau mau bagus sekalian ya foto di studio.

Di sini, aku akan berbagi tips foto OOTD yang sering aku lakukan. Caranya mudah sekali kok. Kira-kira apa aja sih yang harus dipersiapkan dan dilakukan? Yuk simak sampai selesai!

TENTUKAN OUTFIT (PAKAIAN)
Untuk melakukan sesi foto OOTD, tentunya kita harus menentukan pakaian yang akan kita kenakan. Seperti pemilihan warna, modelnya bagaimana, dll. Misalnya di postingan kali ini aku memilih outfit dengan warna netral yaitu coklat. Aku memilih outer warna coklat mocca. Outer ini aku padukan dengan celana jeans model jogger, hijab motif dengan corak warna coklat tentunya, dan sepatu kets putih andalanku. Berarti dengan tampilan seperti ini, aku lebih menampilkan sisi casual yang aku punya. Gaya nya pun lebih terlihat santai.



MENCARI LOKASI FOTO
Setelah menentukan outfit, selanjutnya yang kita lakukan adalah mencari lokasi foto. Kalau aku sendiri, biasanya mencari cafe atau tempat makan yang sesuai dengan kepribadian atau ciri khas aku. Kenapa cafe atau tempat makan? Karena bisa sekalian makan, selain bisa foto OOTD biasanya aku juga suka foto makanan. Tapi itu nggak harus ya. Kalau kantong lagi kering tapi tetep mau foto, ya aku sama suami cari tempat yang gratis, biasanya paling hanya bayar parkir atau bahkan tidak dipungut bayaran sama sekali.


Contohnya adalah yang satu ini. Aku dan suami melakukan sesi foto di pinggir jalanan. Percaya nggak? Lokasi ini adalah semacam trotoar di depan rumah radank Pontianak. Dulu trotoar ini tidak seperti ini. Tapi setelah berubah, dan menurutku instagramable, tempat ini menjadi incaran kami untuk menjadi background foto. Kenapa memilih di sini? Pertama, warna temboknya abu-abu, dan dihiasi tiang-tiang lampu dari kayu warna coklat. Cocok sama outfit yang aku pakai.  Warnanya jadi menyatu, dan outfit-nya tetap menonjol. Tempat sampahnya aja gemas banget nggak sih? Ini yang di samping aku itu tempat sampah, tapi nggak bau ya. Hehe



CARI ANGLE FOTO
Angle foto setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang angle apapun bagus, ada juga yang cuma cocok satu angle, atau gimana pinter-pinternya kita menyiasati angle agar terlihat oke. Contohnya aku. Jadi, aku itu jarang banget foto dengan miring ke kanan. Kenapa? Aku sangat mengenal bentuk wajahku, entah kenapa hasilnya selalu beda ketika aku miring ke kiri. Pipiku terlihat lebih tembab dibandingkan saat aku miring ke kanan. Bosan dong? Ya tergantung kitanya, miring bukan berarti gayanya itu itu terus kan? Bisa disiasati dengan duduk, senyum yang berbeda, tempat yang berbeda juga, dan masih banyak lagi sesuai kreatifitas kitanya.





Lagi pula tergantung kita mau menonjolkan apanya. Misalnya ingin memperlihatkan outfit, ya mau berdiri biasa aja juga sudah bagus. Jangan lupa selalu diskusikan angle foto dengan yang motret nya, sekalipun itu suami sendiri, tetap harus bilang. Kalau aku biasanya diarahkan dulu, aku yang motret dia dulu, jadi dia bisa tahu maunya aku seperti apa. Supaya apa? supaya, yang motret nggak kerja dua kali, dan yang dipotret juga puas dengan hasilnya.

PERHATIKAN CAHAYA
Cahaya yang paling bagus untuk foto adalah pagi atau sore. Pagi di jam 6 sampai 9, dan sore di jam 3 sampai 5. Aku sendiri lebih sering di sore hari, karena kalau pagi itu lebih besar godaannya untuk pergi keluar rumah, kecuali lagi di tempat tertentu ya, contohnya lagi liburan ke tempat yang bagus, itu kita mulai dari pagi.

Biasanya aku memilih foto di sekitar jam setengah 5, karena matahari sudah mulai turun, jadi cahaya yang dihasilkan lebih natural. Jadi ketika diedit pun tidak sulit, dan pastinya tidak noise atau bintik-bintik.



PUNYA KAMERA
Punya kamera di sini, bukan berarti harus punya kamera profesional ya. Sekarang, rata-rata HP berbasis android sudah memiliki kamera dengan resolusi gambar yang tinggi. Apalagi pengguna IPhone, gambar yang dihasilkan juga sudah oke banget. Intinya harus memaksimalkan pemakaian apa yang sudah kita punya. Kalau hanya punya kamera HP ya digunakan dengan sebaik mungkin, kalau sudah punya kamera DSLR atau mirrorless, lebih dimanfaatkan lagi dengan sebaik-baiknya.


Aku sendiri, alhamdulillah sudah kesampaian memiliki mirrorless. Ini kado ulang tahun dari suami tepat di usiaku seperempat abad. Jadi tambah semangat buat bikin konten pastinya. Kamera yang aku pakai di sini mirrorless dari Canon, dengan setingan kamera auto, karena cahaya di lokasi juga masih cukup terang. Intinya estimasi waktu biar cahaya nya pas, dengan begitu hasil foto juga akan maksimal.

PERCAYA DIRI & BERSYUKUR
Dari sekian tips diatas, sebenarnya ini yang paling utama. Percaya diri itu penting. Mau fotonya beda dari yang lain, mau fotonya dilihatin orang banyak, atau fotonya cuma gitu-gitu aja, harus tetap bisa percaya sama usaha sendiri. Kalau kita cuma bisa foto di depan rumah, why not? Biarpun ada yang bilang, “Ih, nggak variasi masa fotonya didepan rumah doang!” biarin aja. Jangan dipikirin. Lalu ada yang bilang juga, “Ih, bajunya itu-itu aja.” Kita senyumin aja, bukan mereka yang beli bajunya kan. Tapi ingat, percaya diri pada ranahnya, jangan sampai percaya diri jadi membuat kita sombong dan lupa diri. Harus tetap menjadi pribadi rendah hati dan apa adanya.



Terakhir adalah bersyukur. Jangan suka ingin seperti orang lain. Apa yang kita dapat itu rezeki yang kita punya. Seperti yang aku bilang tadi, misalnya kita cuma punya kamera HP, ya sudah, itu memang rezeki kita. Kalau orang punya kamera yang lebih bagus, kita nggak boleh iri. Kita nggak tahu usaha apa yang sudah dia lakuin untuk bisa beli kamera yang lebih bagus. Jangan memaksakan juga dengan apa yang kita belum tentu mampu. Contoh lain, mereka OOTD dengan barang branded, kalau kita cuma bisa beli baju di pasar baru. Bukan berarti kita nggak boleh foto OOTD kan? Atau dia lebih cantik, kulitnya lebih putih, jalan-jalan terus, dll. Ah, sudah, kalau mau bandingkan pasti banyak bedanya. Setiap orang punya porsinya masing-masing. Jadi sekali lagi, bersyukur, bersyukur, bersyukur.

Semoga tips di atas bermanfaat buat pembaca semua ya. Kalau ada kritik atau saran bisa berikan komentarnya di bawah. Terima kasih!



RHIALITA




You May Also Like

15 komentar

  1. waaah terima kasih tips buat foto ootd nya, mau coba praktekin aaah, biar foto makin instagramable nih hehehe

    ReplyDelete
  2. Aq belum PD buat foto OOTD, kadang2 bingung harus gaya nya gimana hihihi dan cari posisi yg pas.

    ReplyDelete
  3. Ahhh terharu bacanya wkwk lebay y gue. .bener banget kita harus bersyukur sma apa yg kita punya dan jadikan itu sbg motivasinya hehe bdw dlu aku g pede bgt foto, apalgi cwe kn g mau trlihat gendut wkwk ini challenge biar kitanya bisa diet lagi dan hidup lebih sehat bukannya fotonya yg diedit biar kurus ya ahaha

    ReplyDelete
  4. Thanks infonya, semoga aku bs lebih pede kl photo OOTD. 😂😂😂

    ReplyDelete
  5. Waah aku juga suka photo ootd tapi ga di set buat shoot Kak. Jd bisa siapa aja yg photo. Btw Makasih sharing ilmu nya

    ReplyDelete
  6. Wah..sama aku pakai foto buat ootd juga skrng pake mirrorless..makasih ya sharing ilmunya penting bgt ini

    ReplyDelete
  7. Nah ini nih tips yang aku butuhkan wkwk aku tuh pengen sesekali coba ootdan gitu tapi kadang suka ga pede lho kak

    ReplyDelete
  8. Waah klop banget istrinya seneng difoto suaminya seneng motret, kalau aku nggak ada yang motret heheh, kalau ootd nggak ada yang disuruh motret wkwkw

    ReplyDelete
  9. Suka banget deh sama tips terakhir, tuls banget musti bersyukur ya beb hihi. Btw ku salfok sama outernya, lucu banget ��

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk yang gampang nyerah kalau disuruh foto OOTD karena merasa hasilnya nggak pernah oke. Tapi bener katamu sis, kita harus bersyukur mau seperti apa hasilnya. Thanks banget tipsnya, aku ijin contek pose fotonya yaaa.

    ReplyDelete
  11. yang paling penting baju sama lokasi menurutku karena kamera bisa pake hp wkwk kalo bajunya jelek gengges bgt jdnya

    ReplyDelete
  12. Klop banget deh, istri seneng difoto, suami seneng motret, kalau aku jarang ootd soalnya nggak ada yang motret hehe

    ReplyDelete
  13. Cari angle foto sama cahaya ini wajib banget sih. Tentang kamera, aku masih males banget neh bawa-bawa kamera padahal itu wajib banget.

    ReplyDelete
  14. Keren nih tipsnya beb, tips bersyukurnya aku blom terapin, next ootd foto i need to do this.

    ReplyDelete
  15. Karena foto OOTD ya, jadi yang utama memang outfit nya ya, aku suka ada tema tertentu untuk foto OOTD ya, tapi memang mesti ada yang pintar motret juga ya biar makin oke hasil foto OOTD nya

    ReplyDelete

Rhialitage