CERITA MMTC YOGYAKARTA!

April 20, 2019


Hai semua! Di tulisanku kali ini, aku mau berbagi pengalaman aku semasa kuliah dulu. Sebelumnya aku sudah bagikan cerita ini di Channel Youtube aku. Buat yang mau lihat videonya bisa klik di sini ya!

Beragam macam pertanyaan mulai menghampiri ke kolom komentar di Youtube dan DM Instagram aku. Seneng banget sama respon balik yang luar biasa dari teman-teman semua! Aku akan ceritakan berdasarkan pertanyaan dari teman-teman semua ya! Yuk kita mulai!

Foto Pribadi diambil di tahun 2015

“KAK RIA KULIAHNYA DIMANA?”
Aku kuliah di salah satu kampus penyiaran/broadcasting di Yogyakarta. Nama kampusnya itu Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Orang kampus dan kebanyakan yang tahu lebih mengenalnya dengan sebutan MMTC. Kampus MMTC ini terletak di Jalan Magelang KM 6, Sleman Yogyakarta. Menurutku lokasinya cukup strategis. Kampus MMTC memiliki akreditasi B, dan sudah menjadi Kampus Negeri, di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO).

MMTC memiliki 3 Jurusan dan 6 Program Studi, yaitu :
1.     Jurusan Penyiaran (Diploma 4) yang terdiri dari :
*Program Studi Manarita (Manajemen Produksi Pemberitaan)
*Program Studi Manaprodsi (Manajemen Produksi Siaran)
*Program Studi Matekstosi (Manajemen Teknik Studio Produksi)

2.     Jurusan Animasi & Teknologi Permainan (Diploma 4) :
*Program Studi Animasi
*Program Studi Desain Teknologi Permainan (Game Design)

3.     Jurusan Informasi & Komunikasi (S1) yang terdiri dari 1 Program Studi dan 2 Konsenterasi :
Program Studi Manajemen Informasi dan Komunikasi. (MIK)
*Konsenterasi Manajemen Komunikasi
*Konsenterasi Manajemen Informasi

Untuk lebih jelasnya tentang masing-masing Program Studi, teman-teman bisa cek aja di website resmi MMTC www.mmtc.ac.id atau bisa tonton di Channel Youtube Rhialita ya!



Sumber  Logo : Google

“MMTC ITU KAMPUS KEDINASAN YA?”
Bukan ya teman-teman. Kampus MMTC itu Kampus Negeri, dan tidak ada ikatan dinas. Memang di bawah naungan Kominfo, tapi bukan Kampus ikatan dinas! Jadi jangan percaya berita hoax yang beredar ya, karena aku tahu infonya itu langsung dari kampus!

“SETELAH LULUS LANGSUNG DISALURKAN JADI PNS? ATAU LANGSUNG DAPAT KERJA?”
Mau jadi PNS ya daftar sendiri. Mau langsung kerja ya tetap cari kerja sendiri. Jangan manja ah! Harus mandiri dong! Intinya MMTC tidak ada program penyaluran kerja. Tapi memang MMTC itu bekerja sama dengan media-media tertentu, biasanya mereka membuka recruitment di kampus, tapi kampus hanya sebagai perantara saja. Kita tetap yang usaha sendiri. Kalau setelah lulus mau langsung kerja ya harus berusaha dengan kemampuan sendiri ya teman-teman.

Kalau prospek kerjanya setelah lulus, InsyaaAllah cukup besar yah teman-teman, karena yang namanya media itu banyak banget seluruh Indonesia, mau ke media publik atau swasta sekarang setiap tahun pasti buka yang namanya lowongan kerja. Tinggal kamunya lebih minatnya kerja di mana dan mau di bagian apa.

Foto diambil saat sedang Simulasi Siaran Neo Corporations - Angkatan 11 tahun 2015

“KAK RIA AMBIL JURUSAN APA? PRODINYA APA?”
Aku mengambil jurusan Penyiaran, dan prodinya itu Prodi Manarita. Dulu aku pengen banget jadi penyiar. Aku masuk di tahun ajaran 2012-2013, yaitu angkatan 11. Kalau kamu masuk MMTC pasti tahu nanti soal angkatan ini. Ada anak MMTC? Bisa komen di bawah yah! Hehe

Masuk di Prodi Manarita itu cocok juga buat kamu yang pengen banget jadi Reporter, Penyiar/Pembaca Berita, dan lain-lain yang tentunya berhubungan dengan dunia News (Berita).
Alhamdulillah aku kuliah selama 4 tahun, dan lulusnya tepat waktu, walaupun dulu pas lagi skripsinya aku memutuskan untuk menikah, tapi kuliah tetap yang paling penting dong! Hehe. Jadi teman-teman, aku itu lulus di tahun 2016. Nah, banyak yang tanya juga begini,

“KAKAK KERJANYA DIMANA? KERJANYA APA?”
Aku memang memutuskan untuk tidak bekerja di media atau kantoran, kenapa? Balik lagi ke passion ya teman-teman, dan tentunya tergantung keadaan. Karena aku sudah menikah, aku memilih untuk bekerja dari rumah. Kalau kalian baca blog aku ini, ya inilah pekerjaan aku. Menulis blog. Kamu bisa menyebut aku sebagai Blogger, Influencer, atau bisa juga Youtuber? Walaupun aku masih merintis menjadi Youtuber Pemula. Hehe..

Mungkin, kalau aku setelah lulus belum menikah, pasti bakalan beda ceritanya. Karena dulu sempat punya rencana setelah lulus mau mencoba cari pengalaman kerja di dunia media. Tapi apalah daya, takdir berkata lain. Tapi tidak menutup kemungkinan yang sudah menikah khususnya perempuan, juga bisa berkerja ya. Balik lagi ke pribadi masing-masing.

Keputusan aku ini, memang dari diriku sendiri. Cita-cita aku memang ingin menikah muda, dan mengurus keluarga. Jadi pengen banget bisa kerja dari rumah, kebetulan juga domisiliku sekarang ikut dengan suami di Kalimantan, jadi masih proses adaptasi. Nah, buat yang tanya aku kerjanya apa sudah aku jawab ya, jangan ditanya lagi. Lelah akutuh.. hehe

Selanjutnya aku akan membahas tentang Pendaftaran MMTC!


Sumber : STMM "MMTC" Yogyakarta

“KAK, CARA DAFTARNYA DI MMTC BAGAIMANA?”
Pendaftarannya semua berbasis ONLINE ya, jadi teman-teman bisa langsung kunjungi www.pmb.mmtc.ac.id . Biasanya tiap tahun MMTC membuka 3 gelombang pendaftaran. Tahun ini sudah berjalan 2 gelombang, dan masih ada 1 gelombang lagi yang belum dibuka.

“SYARAT MASUK MMTC APA AJA KAK? BIAYANYA BERAPA?”
Sekali lagi kunjungi web pendaftarannya ya! www.pmb.mmtc.ac.id

“TES NYA SEPERTI APA? SOAL-SOALNYA SULIT NGGAK?”
Seleksi dilakukan langsung di Kampus MMTC. Tesnya terdiri dari Ujian CBT (Computer Based Test) dan Wawancara.

Soal yang diberikan yaitu TPA (Tes Pengetahuan Akademik) seperti pola-pola gambar. Lalu ada pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. Dulu seingatku waktu mengerjakannya itu hanya sekitar 90 menit. Jadi teman-teman harus bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya. Soal-soalnya nggak sulit kok, masih lebih sulit mendapatkan si dia.. *Upss hahaha! Pokoknya mirip-mirip soal UN gitu deh!

“TES WAWANCARANYA DI MMTC DITANYA APA AJA?”
*Ditanya dari mana kamu tahu MMTC?
*Ditanya motivasi masuk MMTC itu apa?
*Ditanya apa alasannya memilih Prodi yang kamu ambil?
*Ditanya sudah pernah meraih prestasi apa?
*Ditanya udah makan atau belum? Hihihi *Percaya nggak?*

Untuk kamu yang punya sertifikat atau penghargaan prestasi bisa ditunjukan pada saat wawancara ya. Intinya kamu jangan stres duluan sebelum ujian, jangan suka mikirin hal-hal yang belum tentu terjadi, takut susah, takut ini, takut itu. Jangan yah.. Dulu aku juga ikut tes MMTC nggak pernah mikir soal-soalnya nanti gimana, ditanyainnya apa aja, itu nggak ada sama sekali di benak aku. Jadi jalanin aja, yang penting kalian udah niat dan berusaha.

Durasi wawancara juga tergantung masing-masing tiap orang, tentunya berbeda-beda. Ada yang lama ada juga yang cepat. Oh ya, Ujian CBT dan wawancaranya dilakukan dalam 1 hari sekaligus ya. Jadi kemungkinan bisa sampai sore. Dalam 1 gelombang biasanya dibagi beberapa kloter, yaitu sesuai tanggal yang ditentukan dari kampusnya. Jadi tidak bisa pilih tanggal ujian sendiri ya!

Nah, untuk pakaian yang digunakan saat ujian adalah pakaian bebas, yang penting sopan dan rapi, karena tentunya itu salah satu yang menjadi penilaian juga lho.

“TIPSNYA UNTUK UJIAN WAWANCARA DONG KAK?”
Tipsnya menenangkan pikiran, luruskan niat dan harus mengenal dirimu sendiri, tujuan kamu masuk ke MMTC itu mau apa dan mau jadi apa. Aku saranin untuk menjawab semua pertanyaan dengan jujur apa adanya, jangan dibuat-buat, karena kalau sampai pertanyaan menjadi panjang dan kalian nggak jujur dan jadi bingung mau jawab apa, nantinya pewawancara menjadi nggak respect sama kalian.
Kesimpulannya berusaha semaksimal mungkin dengan kemampuan kamu, yang paling penting itu jangan lupa minta restu orang tua dan berdoa! InsyaaAllah keterima. Semoga berhasil! Semangat ya!

“DI MMTC ADA BEASISWA NGGAK?”
Ada, itu bisa ditanyakan ke bagian Admnistrasi setelah kalian diterima di MMTC ya.

“APA YANG MENJADI KELEBIHAN MMTC? KENAPA KITA HARUS KULIAH DI SANA?”
Kenapa harus? Sebenarnya harus itu satu kata yang terlalu memaksa ya. Kata harus di sini lebih cocok buat kamu yang memang sudah suka dunia penyiaran/broadcasting, karena selain kampusnya itu bagus, kampus ini ditunjang oleh fasilitas peralatan siaran yang memadai, mulai dari studio, kamera, sampai virtual set juga sudah tersedia di MMTC.

Semenjak aku lulus di tahun 2016, MMTC sudah banyak sekali perubahan, yang tentunya semakin baik ya, seperti sudah tersedia gedung baru untuk mahasiswa, CO working space dengan internet yang cepat, serta gedung khusus untuk Jurusan Animasi & Teknologi Permainan. Tampilan gedung MMTC pun sekarang sudah berbeda dari sebelumnya sewaktu aku kuliah dulu. Duh.. jadi kangen deh pengen berkunjung ke MMTC.. hehe :’D

“MENURUT KAKAK PRODI APA YANG PALING BAGUS?”
Menurutku semuanya bagus, tergantung dari kitanya nantinya maunya jadi apa setelah lulus nanti.
*Mau jadi Reporter? Pembaca Berita seperti di televisi? Pilih Program Studi Manarita.
*Mau jadi orang di balik layar? Seperti sutradara? Floor director? Penulis Naskah Drama? Pilih Program Studi Manaprodsi.
*Mau jadi Kameraman? Videografer? Suka dunia Fotografi? Pengen jadi Editor? Lightingman? Audioman? Pilih Program Studi Matekstosi.
*Mau jadi Animator? Pilih Program Studi Animasi.
*Mau membuat permainan/game sendiri? Pilih Program Studi Desain Teknologi Permainan.
*Mau jadi PR? Suka dunia komunikasi? Jadi IT? Pilih Prodi MIK.
Banyak yang tanya juga, kok lulusan S1 (Strata 1) nya cuma ada satu aja? Kenapa lulusannya banyaknya D4 (Diploma 4)? Itu ngaruh nggak buat cari kerja?
Setahuku D4 itu sudah setara dengan S1 ya teman-teman. Bedanya itu, D4 lebih banyak praktiknya dari pada teorinya.

“KESAN DAN PESAN KULIAH DI MMTC?”
Buat aku pribadi, kesan – kesan kuliah di MMTC itu penuh dengan pengalaman yang luar biasa. Mahasiswa bisa merasakan sendiri praktik yang dimana kita dituntut untuk mandiri dan multi talent. Semua job desk bisa dirasakan. Sewaktu praktik aku pernah menjadi reporter, floor director, pemimpin redaksi, pengarah acara, penyiar radio, penulis naskah, bahkan menjadi editor.

Semua aku mulai dari nol, jadi buat teman-teman jangan takut untuk mendaftar. Semuanya akan kita pelajari, dan kita nanti pasti bisa, asalkan teman-teman mau belajar dan terus berlatih. Walaupun aku memutuskan tidak bekerja di media, tetapi semua yang sudah aku pelajari tetap bermanfaat. Ilmu itu tidak akan ada yang sia-sia teman-teman!

Kuliah di MMTC, aku jadi tahu rasanya tinggal di Yogyakarta yang katanya kota ramah dan ngangenin, aku jadi tahu dunia penyiaran itu seperti apa, dan aku jadi tahu rasanya praktik kerja di media itu bagaimana. Karena kuliah di MMTC aku juga jadi lebih berani untuk mengembangkan kreatifitas yang aku punya, dan aku juga bisa merasakan hidup mandiri karena harus jadi anak kost-kostan! Hehe

Buat kamu yang suka kegiatan-kegiatan di luar jam Kuliah, di MMTC juga tersedia berbagai macam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), organisasi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), dan ada juga MMTC Radio dan MMTC TV. Tinggal pilih sendiri deh.. hehe

Pesan buat teman-teman yang ingin mendaftar, teman-teman harus bisa mengenali minat dan keahlian kalian sendiri itu di bidang apa, jadi nantinya teman-teman tidak salah pilih Jurusan atau Prodi. Yuk buat yang berminat segera cek website ya, karena masih ada gelombang terakhir yang akan dibuka. Siapa tahu ini rezeki kamu kuliah di kampus broadcast terbaik di Indonesia bahkan se Asia Tenggara! Bangga nggak tuh?? Hehe..

Sekian dulu cerita aku kali ini tentang MMTC ya.. Ada yang mau request lagi aku cerita tentang MMTC yang lainnya? Bisa tulis komentarnya di bawah atau bisa kontak dan follow instagram aku di @Rhialita .. Sampai ketemu di cerita selanjutnya teman-teman!




You Might Also Like

0 komentar

Rhialitage