TIPS SEDERHANA AGAR TETAP SEHAT! #FaceTheNewNormal

by - July 29, 2020


Sudah masuk era new normal? Betul! Tapi tetap ya, semua protokol kesehatan harus dilakukan oleh setiap orang. Diantara kita pasti sudah ada yang mulai bekerja di kantor dengan normal, walaupun memang jam kerja di beberapa instansi/perusahaan masih menerapkan jam kerja pendek atau tidak full time seperti biasanya. Jadi semangat buat teman-teman yang harus bekerja di luar rumah! Kalau buat ibu rumah tangga sepertiku, new normal ya tetap di rumah aja. Walaupun harus keluar rumah, paling hanya untuk belanja bulanan.

Hal yang berubah setelah masa pandemi ini adalah, aku jadi punya lebih banyak waktu untuk di rumah. Pikiran untuk liburan ke luar kota, nongkrong di café atau sekedar jalan-jalan di mall sudah tidak ada. Buatku menjaga kesehatan lebih penting dari pada mengikuti ego harus ke sana ke sini, padahal nggak terlalu penting juga. Jadi lebih baik di rumah aja deh!


Gimana sih caranya menjaga kesehatan ala Rhialita? Nah, di sini aku berbagi tips sederhana yang pasti semua bisa lakukan juga di rumah!

ISTIRAHAT YANG CUKUP
Jujur, semenjak suami banyak di rumah karena pandemi ini, waktu kami berasanya cepat aja setiap harinya. Padahal udah segala macam dilakukan. Masak bareng, nonton bareng, bersihin rumah bareng, sampai bikin konten bareng, tapi masih nggak cukup seharian. Alhasil kami jadi sering tidur larut bahkan begadang sampai pagi. Akibatnya, ya jerawat jerawat nakal ini menghampiri pipi, dagu, kening dll. Mulai sebel deh sama diri sendiri.

Oke, jadi baru-baru ini aku mulai lagi mengatur jam tidur untuk bisa normal kembali. Pokoknya jam tidur harus 7-8 jam per harinya. Aku juga suka menambah tidur siang, cukup sebentar aja buat me-refresh pikiran. Apalagi pekerjaan sebagai Content Creator yang sedang aku jalani sekarang, cukup menguras pikiran. Walaupun sehari-harinya cuma duduk aja di depan laptop, tapi itu juga capek lho! Jadi jangan sepelekan juga pekerjaan ini.

Kadang, aku tidur lebih awal, habis sholat isya langsung tidur, tapi tengah malam nya terbangun. Dari pada bingung, biasanya aku pakai untuk nulis artikel di blog dan ngedit video untuk kebutuhan youtube. Biasanya jam-jam tengah malam memang paling nyaman buat kerja karena sunyi dan nggak bising, suasana jauh lebih tenang dan ide pun mengalir dengan sendirinya. Sebenarnya nggak apa-apa juga kalau punya kebiasaan seperti ini, asalkan kita sudah punya jam tidur yang cukup ya! Tapi baiknya jangan terlalu sering juga, karena aku pun begitu. Ini terjadi di waktu tertentu aja.

MENJAGA ASUPAN SEHARI-HARI
Untuk kondisi sekarang, menurutku lebih aman makan dan minum di rumah aja. Selain lebih terjaga kebersihannya, kita juga jadi nggak perlu berdekatan sama orang lain, apalagi pas buka masker. Iya kan? Aku sendiri dari dulu emang lebih suka makanan rumahan. Aku juga bingung kalau ditanya bisa masak belajar dari mana. Padahal mamaku juga nggak mengharuskan aku bisa masak.

Nah, karena aku suka bantuin mamah masak, jadi aku bisa hafal bumbu masakan, bahan-bahannya dan cara masaknya. Terus coba-coba sendiri, akhirnya bisa berkreasi sendiri. Mungkin aku punya bakat masak yang terpendam? Hehe. Semenjak merantau kuliah di kota orang sampai sekarang menikah, aku lebih suka masak sendiri di rumah. Suamiku juga cocok sama masakan aku. Dimasakin apapun pasti ludes nggak tersisa. Katanya enak, haha. Alhamdulillah!

Kebutuhan asupan makan dan minum juga harus seimbang ya, seperti banyak makan sayur dan buah, asupan protein yang cukup dan karbohidrat yang nggak berlebihan. Selain itu perbanyak minum air putih dan kurangin juga minum air kemasan, karena itu tinggi gula, boleh lah sesekali, disamping kurang sehat itu juga bisa bikin pengeluaran meningkat. Lebih baiknya lagi tambahin olahraga. Nggak perlu berlama-lama, 30-45 menit cukup kok. Bisa lari-lari kecil di halaman atau senam di dalam rumah juga udah bisa membakar kalori.


RAJIN MEMBERSIHKAN DIRI
Maksudnya di sini adalah membersihkan semuanya, mulai dari tubuh, wajah, tangan sampai ke dalam diri kita. Berikut rinciannya :

Mandi & ganti baju setiap habis keluar rumah. New Normal membuat kita memulai untuk aktifitas lagi di luar rumah. Pastinya kita akan bertemu dengan orang banyak dan nggak tahu kuman apa aja yang nempel di badan kita. Usahakan sampai di rumah mandi dan ganti baju. Cucian memang jadi menumpuk karena sering ganti baju, tapi balik lagi ini adalah demi kesehatan.

Rajin mencuci tangan & pakai masker kemana pun. Hal yang paling dianjurkan saat ini adalah rajin mencuci tangan, karena tangan adalah yang paling sering terkontaminasi dengan benda yang ada di sekitar kita. Biasanya sehabis pakai laptop pun aku selalu mencuci tangan. Handphone pun selalu rutin aku bersihkan, walaupun ini sudah dari dulu aku lakukan. Selain itu jangan pernah lupa pakai masker saat keluar rumah dan rajin ganti ya, jangan itu terus yang dipakai sampai seminggu. Hehe. Oh ya, aku juga selalu bawa handsanitizer di dalam tas. Jadi kalau waktu keluar rumah nggak ketemu wastafel, aku nggak bingung buat cuci tangan.


Menggunakan Skincare pagi & malam. Walaupun aku kerjaannya di rumah aja, skincare-an tetep wajib aku lakukan ya. Bukan kebersihan tangan aja, tapi juga kulit wajah kita. Apalagi sehari-hari selalu pakai masker yang menutup sebagian wajah. Hal itu bikin kulit jadi gampang jerawatan. Sehabis mandi aku selalu pakai serum dan pelembap wajah, rutin pagi dan malam hari sebelum tidur, karena bukan tubuh aja yang butuh asupan vitamin, tapi wajah juga.

Semenjak pandemi make up kayaknya nggak menjadi prioritas, habisnya nggak akan kelihatan juga karena tertutup masker. Kalau lagi pengen pakai make up paling hanya lipstick atau bedak tabur aja. Intinya sih, lebih baik rajin pakai skincare. Jadi, selain tubuh yang sehat, kulit wajah juga ikut sehat.


Perbanyak Ibadah. Salah satu hal yang bisa menenangkan jiwa dan raga buat aku pribadi adalah beribadah. Selain sholat wajib, banyak waktu di rumah yang bisa aku isi dengan sholat sunnah, mengaji atau puasa. Disamping mendekatkan diri kepada Allah, hati bisa jauh lebih tentram. Ibaratnya, ibadah adalah penyempunaan dari segalanya. Bonusnya beribadah juga bisa membuat kita jadi lebih sehat lho. Kok bisa? Iya, kita akan mendapatkan kesehatan batin.

Tips di atas adalah caraku untuk sehat jasmani dan rohani. Kesimpulannya, jika semuanya dilakukan secara seimbang, kegiatan yang kita lakukan akan berdampak baik untuk kita. Bagaimana? Nggak sulit bukan? Pelan-pelan aja, tapi pasti bisa! Semoga tips kali ini bermanfaat, tetap jaga kesehatan dan tetap semangat ya teman-teman!



You May Also Like

0 komentar

Rhialitage