PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI!

by - July 26, 2020



Tahu nggak sih? Gigi merupakan salah satu hal yang wajib dirawat dengan rutin. Masih banyak sekali diantara kita yang masih menyepelekan kesehatan gigi. Mungkin dampaknya tidak akan langsung terlihat sekarang, tapi seiring bertambahnya usia, kekuatan gigi juga semakin berkurang.

Di sini aku mau berbagi pengalamanku soal gigi. Bukan Gigi Hadid atau Gigi “Nagita Slavina” ya. Haha.. *upss kidding* yang jelas ini gigi yang menjadi salah satu investasi kesehatan kita di kemudian hari. Aku akan membahas beberapa hal yang pernah aku alami dan tips bagaimana merawat gigi secara sederhana yang dimulai dari diri kita sendiri. Yuk simak!

PENGALAMAN GIGI BERLUBANG
Dulu aku pernah mengalami gigi berlubang, dan rasanya itu sakit banget. Kata dokter, penyebabnya adalah sering makan hidangan yang panas, lalu minumnya air es. Istilahnya, gigi menjadi kaget dengan kondisi yang seperti itu. Aku tidak mengelaknya, dan memang itu sering terjadi di keseharianku. Akhirnya mau nggak mau, gigiku ini ditambal. Ya gitu, rasanya ngilu-ngilu saat proses penambalannya.

Semenjak saat itu aku mulai membiasakan tidak menggabungkan makanan dan minuman yang suhunya berbeda jauh. Sekarang kalau mau minumnya air es, aku makan ketika makanan suhunya sudah netral. Walaupun gigiku sudah tidak sempurna seperti dulu lagi, setidaknya aku menjaganya agar tidak menambah lubang di gigi yang lainnya.

Sumber : Google

RUTIN MENYIKAT GIGI
Aku selalu membiasakan diri menyikat gigi minimal 2 kali yaitu pagi dan malam hari. Mungkin kalau pagi hari, semua orang pasti akan menyikat gigi ya. Tapi, kalau sudah bertemu malam hari? Hmm.. pasti malasnya luar biasa kan?

Kebayang nggak sih, seharian kita makan apa aja? Nasi, ayam goreng, telur, daging, kue, bakso, keripik, sirup, es krim, permen dan masih banyak lagi. Apalagi kita sebelum tidur selalu ngemil dulu, misalnya makan mie instan. Wah, berapa banyak coba noda bekas makanan yang menempel di gigi? Nggak terhitung ya.

Jadi, mulai dulu dari “dibiasakan”. Minimal pagi dan malam hari sebelum tidur, atau lebih baik lagi setiap habis makan. Kalian pernah nggak nonton drama korea? Dalam beberapa adegan, mereka sering memperlihatkan aktornya menyikat gigi. Normalnya, orang biasanya menyikat gigi 2 kali sehari, tapi mereka selalu menyikat gigi sehabis mereka makan. Ini adalah salah satu hal unik orang korea yang patut dicontoh.

Menurut salah satu artikel yang pernah aku baca, di kehidupan aslinya orang korea memang sangat memperhatikan kesehatan gigi, jadi nggak heran kalau mereka selalu membawa sikat gigi kemanapun mereka pergi. Nah, kalau kita belum bisa seperti orang korea, minimal 2 kali sehari aja dulu deh, nggak sulit kan? Pasti bisa!

Sumber : Pinterest

PERGI KE DOKTER GIGI
Jujur ini merupakan hal yang masih sulit untuk aku lakukan dengan rutin. Apakah ada yang sama denganku? Mungkin dalam setahun aku hanya bisa 1 kali ke dokter gigi atau malah tidak sama sekali. Idealnya, pergi ke dokter gigi itu 2 kali dalam setahun. Banyak orang masih menganggap kalau ke dokter gigi itu jika sakit saja, padahal sebenarnya kegiatan memeriksakan gigi pada ahlinya secara rutin itu sesuatu yang penting juga.

“Kalau tidak sakit gigi, lalu buat apa ke sana?” ada juga yang bilang “Mahal ah ke dokter gigi.” Lho, sehat itu memang mahal, tapi dampak positifnya juga baik untuk kita. Apa saja sih yang bisa kita lakukan saat ke dokter gigi jika tidak ada keluhan apa-apa?

Hal yang bisa kita lakukan salah satunya adalah membersihkan karang gigi! Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Awalnya, plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut, bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Jika tidak dibersihkan, maka plak tersebut dapat menyebabkan karang gigi. (sumber : wikipedia) Nah, karang gigi ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi. Parahnya, hal ini juga bisa menyebabkan bau pada mulut kita lho!

Sumber : halodoc

Waktu aku masih sering berkunjung ke Jakarta, aku pernah direkomendasikan oleh salah satu sahabatku Klinik Gigi yang bagus dan pasti terjamin pelayanannya. Namanya Klinik Gigi Family Dentistry di daerah Jakarta Selatan. Nah, kebetulan Klinik Gigi ini adalah salah satu Klinik rekomendasi di HALODOC. Sudah tahu dong ya aplikasi yang satu ini? Halodoc merupakan salah satu aplikasi kesehatan yang memudahkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter secara online.

Aplikasi Halodoc juga menyediakan kanal khusus yang memuat informasi mengenai kesehatan terbaru dan juga terpercaya, yang bersumber dari dokter-dokter yang berpengalaman dibidangnya. Semua informasi kesehatan mulai dari tips, informasi penyakit, jenis pengobatan dan informasi penting lainnya seputar kesehatan tersedia lengkap di aplikasi kesehatan ini.

Sumber : halodoc

Apa saja keuntungan yang bisa kita dapat dengan menggunakan aplikasi Halodoc?
1. Aplikasi yang Terpercaya, yaitu tersedianya dokter, apotek, rumah sakit, dan asuransi yang terintegrasi dengan Halodoc yang akan memenuhi kebutuhan medis kita setiap saat.
2. Layanan kesehatan menjadi lebih mudah, aman dan nyaman sehingga kebutuhan kesehatan dapat ditangani lebih cepat.
3. Halodoc selalu siap memberikan kemudahan layanan kesehatan untuk kita dan keluarga, yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Di Halodoc kita bisa bicara atau berkonsultasi dengan dokter berpengalaman dan terpercaya secara gratis! Kita bisa memilih berbagai metode komunikasi seperti Chat dan Voice/Video Call dari smartphone kapanpun dan di manapun! Lalu kita juga bisa membuat janji pertemuan secara online. Selain itu kita bisa membeli obat atau kebutuhan medis lainnya dengan cepat, gratis pengiriman, layanan 24 jam, dan dijamin obat tersegel rapi.


Sumber : halodoc

Layanan Apotek Antar tersedia di beberapa kota meliputi :
Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Bandar lampung, Sukabumi, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, Balikpapan, & Pontianak.

Yang terakhir adalah Pemeriksaan Laboratorium tanpa antri. Kita bisa melakukan Pemeriksaan Laboratorium hanya dengan di rumah! Kita hanya tinggal memilih paket pemeriksaan yang kita butuhkan, kemudian tentukan tanggal dan staf Halodoc akan langsung datang ke lokasi kita berada. Keuntungannya hasil lab langsung diterima melalui aplikasi dan bisa langsung didiskusikan dengan dokter Halodoc.

Saat ini Layanan Pemeriksaan Laboratorium tersedia di kota :
Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Surabaya, Medan, Denpasar, Manado, & Semarang.

Dengan adanya Halodoc, kita akan jauh lebih mudah berkonsultasi dengan dokter 24 jam. Aku yang berdomisili di Pontianak pun merasa sangat terbantu dengan aplikasi ini. Oh ya, Aplikasi Halodoc ini bisa diunduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iPhone secara gratis.

MENGONSUMSI VITAMIN & MINERAL
Selain pergi ke dokter gigi. Kita juga bisa kok merawat gigi secara alami di rumah. Yang aku tahu misalnya, dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi protein, vitamin dan kalsium seperti yoghurt atau susu. Ada juga sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat seperti bayam atau brokoli. Makanan dan minuman tersebut dapat menjaga agar gigi tidak mudah keropos atau berlubang.

Sumber : Pinterest

Kemudian kita perbanyak minum air putih setelah makan dan bisa juga diselingi berkumur dengan cairan pencuci mulut setelahnya. Nah, yang paling penting, seperti aku bilang tadi ya, rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur.

Setiap orang punya metode merawat giginya masing-masing. Yang utama adalah menanamkan dulu kemauan untuk melaksanakan hal tersebut. Selain itu mulai membiasakan agar hal itu dilakukan secara rutin, dan baiknya lagi bisa mencontohkan ke orang lain terutama keluarga kita sendiri.

Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya teman-teman!



You May Also Like

0 komentar

Rhialitage