Satu Kata Maaf

October 11, 2015


     “Tak banyak orang yang mudah memaafkan, dan jarang pula mereka sadar untuk meminta maaf. Tetapi jika meminta maaf dan memaafkan adalah sebuah kebaikan, kenapa diabaikan? Seharusnya segera dilakukan. Maka kamu adalah manusia yang seharusnya.” – Rhialita





    
      Selama kita menjalani kehidupan, ada yang salah, terkadang berbuat salah, terkadang menyalahkan, dan terkadang juga disalahkan. Kita juga mengalami masalah, sakit hati, dikhianati, atau dibohongi. Tetapi kita juga pasti pernah menyakiti, membohongi, dan juga mengkhianati. Ini berlaku dalam segala hal, untuk siapapun, dan kepada siapapun.

           Jika kita menyakiti. Apa yang harus kita lakukan? Yang paling utama adalah meminta maaf. Karena jika itu dapat kita lakukan. Setidaknya itu melenyapkan beban hati kita, dan menghilangkan prasangka buruk dari orang yang kita sakiti.




     Jika kita disakiti. Apa yang harus kita lakukan? Yang paling utama adalah sabar, dan ikhlas. Selanjutnya adalah memaafkan kesalahan orang yang menyakiti kita. Maka ketenangan akan kita dapatkan, dan mereka yang menyakiti mendapatkan kesadaran.

     Ada beberapa hal yang perlu kita pahami. Segala rasa sakit, kecewa, marah dan benci akan selalu mengelilingi kita, dimanapun dan kapanpun ketika masalah itu datang tanpa kita inginkan. Tetapi bagaimana kita yang dihadapkan oleh hal tersebut dapat mengendalikannya agar tidak menjadi dendam, melainkan menjadi pelajaran.




Bersyukurlah jika kita masih dapat meminta maaf dan memaafkan. Semua akan terasa indah jika kita dapat memahami dan melakukannya di kehidupan.

     Mengucapkan memang mudah, namun ketika kita sudah mengalaminya, kita akan tahu sensasinya. Jadi tunggu apa lagi? Satu kata maaf, dapat mengembalikan orang yang kita sayang dan menyayangi kita. Dan satu kata maaf lah yang dapat mengembalikan cinta Allah kepada kita. Karena cinta-Nya yang menuntun kita menuju satu kata maaf, serta membawa ketentraman di dalam hati tanpa mengenal batas waktu. Dengan itu pula, kebahagiaan akan menghampirimu.









With Love,

Rhialita


Shawl By Womenneed | Shoes By Adorableprojects

Photo By Andre Widiyanto

Location : Kawasan UGM, Yogyakarta

You Might Also Like

0 komentar

Rhialitage