BLOG MENARIK, PEMBACA TERTARIK

January 28, 2017

Dunia blog saat ini sudah berkembang sangat pesat. Konten yang ditampilkan pun kini sangat beragam. Mulai dari lifestyle, beauty, sampai dengan fashion. Termasuk saya yang kini menggeluti blog, dimana saya menjadikan blog sebagai salah satu media untuk berbagi pengalaman. Tidak hanya soal pengalaman, tetapi dari sini saya juga memiliki peluang besar untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Awalnya membuat blog, karena saya suka sekali menulis. Semenjak kuliah, saya mencoba mengunggah postingan dengan konten fashion ke blog, dan ternyata responnya sangat baik. Oleh karena itu saya berniat fokus dalam bidang ini, sampai akhirnya saya mendapat tawaran menjadi salah satu member dalam komunitas fashion di Indonesia. Untuk itu selain kamera, saya sebagai seorang blogger sangat membutuhkan perangkat  pendukung lainnya yang membantu saya untuk menjadi Blogger Profesional.







            Pilihan saya jatuh pada ASUSPRO B8230, sebuah notebook yang mungil, kuat dan cantik. Kenapa saya memilih perangkat ini? Karena ASUSPRO B8230 memiliki prosesor powerful yang hemat daya. Notebook ini dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis terbaru yaitu Intel® Core™ i7-6200 yang merupakan generasi keenam atau bisa disebut juga dengan Intel Skylake. Walaupun mikroprosesornya berkecepatan hingga 3,1 GHz yang terkenal gesit, tetapi  notebook yang satu ini tetap hemat daya. Semua itu karena nilai TDP yang rendah, yaitu hanya 15 watt. Jadi kalau saya menggunakannya dalam waktu yang lama seperti saat mengedit foto pada aplikasi editing dalam jumlah yang banyak, saya tidak perlu khawatir. Dengan rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, semakin rendah juga panas yang dihasilkan oleh komponen saat sedang digunakan. Keren sekali kan??


NOTEBOOK ASUSPRO B8230



Menurut sumber website yang saya baca, Notebook ini termasuk varian terbaru dari lini produk segmen profesional yaitu ASUSPRO. Notebook yang satu ini memiliki dimensi layar 12 inchi yang sangat ringkas, praktis, mungil, cantik dan juga elegan. Cocok sekali untuk blogger seperti saya, yang mengharuskan saya menulis artikel dimana saja. Jadi notebook ini pastinya mudah dibawa kemana-mana. Saya juga termasuk orang yang kurang suka membawa tas ransel, karena menurut saya ukurannya yang cukup besar. Tapi kalau membawa ASUSPRO B8230 ini, saya dapat memasukannya ke dalam tas punggung yang berukuran sedang, atau bisa juga memasukannya ke dalam tas jinjing, dijamin akan terasa lebih ringan saat membawanya.

Yang lebih keren lagi, ASUSPRO B8230 ini juga memiliki fitur bernama ASUS Business Manager yang memungkinkan untuk melakukan bermacam-macam setting. Mulai dari memperbaharui BIOS, melakukan backup dan recovery file, menghidupkan fitur HDD protection dan lain-lain. Notebook ini juga didesain untuk menyediakan kemudahan dalam proses upgrade. Seperti mengganti kapasitas penyimpanan atau memori RAM menjadi lebih besar. Untuk seorang blogger seperti saya, fitur ini sangatlah dibutuhkan, dimana foto yang akan dihasilkan nantinya tidak hanya satu atau dua foto, namun sudah ratusan bahkan mungkin ribuan foto yang akan disimpan. Fitur ini juga memudahkan untuk mempercepat proses editing foto atau video.

Tidak hanya itu, ASUSPRO B8230 ini juga sudah dilengkapi fitur yang memproteksi data di dalam perangkat secara maksimal. Diantaranya adalah USB lock, HDD protection, fingerprint, TPM Module, Kensington lock, Smart Card Reader, dan tentunya didesain dengan standar pengujian militer MIL-STD 810G. Dengan begitu, orang lain tidak bisa mengambil karya yang saya buat dengan sembarangan, sekalipun jika barang tersebut hilang.

Dengan segala kelebihan dari notebook ASUSPRO B8230 si mungil yang satu ini, saya tentunya menjadi lebih semangat untuk membuat blog saya menjadi lebih menarik. Kira- kira bagimana dan apa rahasianya ya? yuk disimak lagi. 



Dari tahun 2014 hingga sekarang, saya selalu mencoba memperbaiki apapun yang ada di dalam blog saya. Mulai dari foto, pakaian, lokasi, sampai dengan konten yang akan saya bagikan di dalamnya. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat konten kreatif versi saya?

1.                  Semua postingan harus sesuai dengan tema yang sudah dibuat dari awal. Jadi Blog yang ditampilkan memiliki ciri khas. Contohnya saya. Mulai dari nama, dan konten harus sesuai dengan jenis blog dan menggambarkan diri kita sendiri, yaitu mengenai fashion dan lifestyle, dengan konsep vintage. Karena saya memang suka dengan itu. Semua tentang tempat, barang, sampai pakaian yang saya kenakan harus bernuansa vintage. Kenapa begitu? Ini untuk membedakan saya dan yang lain. Intinya blog juga harus memiliki jati diri. Nah mulai dari sekarang pilih dan buatlah nama yang mencerminkan kepribadian kamu ya.

2.                        Saya itu termasuk tipe orang yang perfeksionis. Misalnya, pada saat pengambilan foto untuk blog, saya pastikan menggunakan kamera dengan standar kualitas pixel yang baik. Dengan begitu, hasil fotonya pun akan lebih bagus, detail, dan tidak pecah jika diedit. Sesekali bisa juga dengan kamera handphone, namun menurut saya handphone hanya pendukung kecil saja. Nah untuk itu, setiap hunting, saya selalu membawa notebook untuk langsung mem-backup file foto dari kamera, dan bisa lebih jelas untuk melihat langsung hasil foto di layar notebook ASUSPRO B8230 cantik dan mungil ini. Di samping body-nya ringan, tentunya lebih mudah untuk saya bawa kemana-mana.

3.                 Tentukan lokasi yang sesuai dengan tema dan pastikan sudah direncanakan, ini juga sebagai alternatif agar tidak membuang waktu. Kebayang kan jika ingin foto saja harus keliling-keliling dulu sampai seharian? Akhirnya sesi foto batal dan kecewa.

4.                        Cahaya yang memadai. Biasanya cahaya yang paling bagus sekitar pagi dari jam 6 sampai 8 pagi. Atau sore sekitar jam 3 sampai 5 sore. Waktu-waktu tersebut yang biasanya saya pakai untuk proses memotret.

5.                 Karena bisa dibilang saya Fashion & Lifestyle Blogger, tentunya saya sangat membutuhkan photographer. Ini juga sebagai ujung tombak bagus atau tidaknya foto yang nantinya dihasilkan. Ajak teman, sahabat atau kekasih yang memang memiliki hobi yang sama, jadi jika hunting foto kemanapun dia bersedia. Saya pribadi, memiliki photographer yang membantu saya dari awal membuat blog. Dia adalah kekasih sekaligus suami saya sendiri. Bagi saya kalau orangnya dekat sekali dengan kita, akan lebih mudah berkomunikasi mengenai apapun, khususnya konten untuk blog.

6.              Angle dan komposisi foto harus sedap dipandang dan artistik. Nah, ini sebenarnya sangat penting juga. Usahakan photographer harus paham angle yang bagus untuk kita. Tidak apa jika satu tempat dijadikan background yang sama untuk beberapa kali sesi foto, asalkan kita bisa membuat angle berbeda yang tentunya agar tidak bosan. Kemudian komposisi juga diperhatikan, mulai dari long shot,  medium shot, close up,  sampai ala ala instagram



7.                    Proses editing yang bagus. Pilih foto-foto terbaik dari setiap sesi foto. Jangan sampai ada foto yang blur. Edit foto jangan berlebihan. Usahakan gunakan filter yang sama, agar foto terlihat tematik. Perspektif foto juga harus diperhatikan, jangan sampai ada yang terlihat miring. Pemilihan aplikasi editing juga harus yang memenuhi standar agar foto tetap bagus. Selingi juga dengan video menarik. Tentunya dengan notebook ASUSPRO B8230, proses editing foto dan video menjadi lebih cepat, dan bisa dilakukan dimana saja.

8.                    Selanjutnya, ini merupakan yang paling penting juga. Yaitu konten atau isi tulisan yang ditampilkan, harus benar-benar mengandung nilai positif bagi pembaca. Dari segi tulisan, harus dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca. Kemudian, biasanya konten yang saya bagikan adalah ketika setelah mengikuti suatu acara tertentu yang berkaitan dengan blogger, foto OOTD (Outfit Of The Day) dengan memberi tips berpakaian kreasi saya sendiri yang fashionable namun tetap rapi dan sopan. Ada juga foto/video tutorial mengenakan berbagai model hijab, endorsement dan review produk pakaian, kecantikan atau tempat-tempat tertentu, sampai pengalaman pribadi penting lainnya. terkadang saya mengkombinasikan foto-foto OOTD atau kegiatan tertentu saya dengan cerpen (Cerita Pendek). Tujuannya supaya ada penyegaran dalam konten tulisan saja. Jangan lupa juga untuk membuat judul yang menarik di setiap postingan. 
        Sering-sering upload di blog. dan jangan lupa membagikannya di media sosial yang lainnya juga. Seperti Instagram, facebook, atau twitter. Agar tulisanmu dapat lebih diketahui lagi oleh banyak orang, atau bisa juga seperti saya yang bergabung menjadi kontributor penulis di salah satu website menulis di Yogyakarta, Indonesia. Apapun itu asalkan positif.
10.         Terakhir,  konten dan foto-foto/video yang ditampilkan harus original/asli karya kita sendiri.


Kualitas semua konten itu masih harus terus saya tingkatkan lagi, agar pembaca pun mendapatkan manfaat setelah berkunjung di blog saya. Karena semua orang pasti bisa menulis, namun sulitnya adalah bagaimana membuat blog menarik agar pembaca tertarik dan selalu berkunjung ke blog milik kita. Biarpun masih sederhana, tetapi intinya semua tampilan tidak boleh asal-asalan. Saya yakin pastinya dengan konsep yang konsisten, semua akan terlihat lebih kreatif, dengan harapan pengunjung blog tertarik untuk membaca dan berkomentar. Tentunya dengan memiliki notebook ASUSPRO B8230, menyiapkan konten kreatif di blog jadi lebih cepat dan mudah. Untuk itu,  Impian menjadi Blogger profesional kini sudah di depan mata, dan saya memilih ASUSPRO B8230 sebagai teman setia saya, kapanpun dan dimanapun. Bagaimana dengan kamu? 







Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.




With Love,


Rhialita














Judul Foto : Violetta On The Wall


You Might Also Like

17 komentar

  1. ASUSPRO B8230 memang keren banget ya Mbak, kecil-kecil cabe rawit.. cocok sekali buat ngeblog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang, apalagi yang mungil begini cocok buat perempuan.. Hehe

      Delete
  2. InsyaAllah ASUSPRO B8230 jadi teman menulis kapanpun dimanapun. Semangat berkarya kak rhialita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih semangatnya bang andre ganteng. :)

      Delete
  3. Berbagai fitur menarik disajikan dalam si mungil ASUSPRO B823 ini, keren banget! Trobosan baru yang benar-benar dibutuhkan ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul say. Cusss belii notebook ASUSPRO B8230 nya. Hehe

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Wah jadi tertarik juga dengan si ASUSPRO B8230, terimasih atas review dan sharing tentang blognya teh riaa, semangat berkaryaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat yah cantik infonya :)

      Delete
  6. ASUSPRO B823 emang pas banget nih buat blogger :D
    kebetulan pengen beli laptop, thanks review nya rhia :D


    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. My pleasure nia syg. Cuss beli blogger hits jogja! Biar makin kece ngeblog nya.. Hihi

      Delete
  7. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah.. Jadi berharap bgt punya ini. Hehe. Oke terimakasih kak :D

      Delete
  8. ah aku jadi pengen ikutan lombanya juga nih hihi salam kenal yaa and goodluck..

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk. Masih bisa sampai besok batasnya kok.
      Btw terimakasih sudah mampir, Salam kenal juga yah :)

      Delete
  9. Fotonya bagus2 iiih.. difoto dengan penuh cinta ya mesti,hihihi. Aku jadi mupeng sm asus ini, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. InshaaAllah ini mah cintanya penuh mba. Hihi. Banget mba akupun pengen bgt punya ini, secara notebook aku sudah uzur haha 😭
      Cusss belii mbaaa

      Delete

Rhialitage