Opor Ayam, Sajian Spesial Untuk Acara Istimewa.

February 14, 2020

Apakah Anda pernah memasak hidangan opor ayam? Makanan yang satu ini merupakan sajian khas pada hari raya Lebaran. Opor ayam identik dengan kuahnya yang berwarna kuning atau putih. Teksturnya kental dan memiliki cita rasa yang sangat kuat. Kuah pada opor ayam berasal dari santan yang dibumbui dengan sejumlah rempah seperti serai, kencur, jinten, dan berbagai bumbu lainnya.

Asal Usul Opor Ayam

Sumber: dapurkobe.co.id
Tahukah Anda bahwa opor ayam merupakan makanan yang mendapat pengaruh dari kuliner India dan Arab? Salah satu makanan yang berasal dari India yaitu kari memiliki tekstur yang hampir sama dengan opor ayam. Selain itu, gulai yang merupakan makanan dari Arab juga memiliki kemiripan dengan hidangan berkuah yang satu ini.
Selanjutnya, dalam perkembangannya, masyarakat Indonesia mulai membentuk kebiasaan memasak baru dengan memadukan kari dan gulai. Dari paduan inilah muncul masakan yang hingga kini dikenal dengan nama opor. Karena kebiasaan, opor ayam sering disajikan pada saat hari-hari istimewa. 
Menariknya, masakan opor ternyata bukan hanya ayam, tetapi juga telur, bebek, sapi, bahkan ikan. Bahan dasar yang berbeda-beda tersebut memiliki rasa yang sedikit berbeda pula.
Bahan Membuat Opor Ayam
Sumber: cahiya.com
Jika Anda ingin memasak opor ayam, anda tentu perlu mengetahui bahan-bahan yang perlu dipersiapkan. Sebenarnya, resep opor ayam tidak terlalu sulit, anda bisa melihat resepnya dengan klik di sini
Pada umumnya, bumbu opor ayam adalah daun salam, sere, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kunyit, lengkuas, jahe, dan ketumbar. Semua bahan ini harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum ditumis. Selain bumbu-bumbu tersebut, ada pula bumbu lainnya yang diberikan, misalnya jinten, pala, dan kencur. Bumbu ini disesuaikan dengan jenis opor ayam yang akan dibuat.
Jenis-Jenis Opor Ayam
Sumber: ikoma.co.id
Meskipun bentuknya hampir sama, ternyata opor ayam memiliki varian yang cukup beragam. Berikut beberapa di antaranya:
·        Opor ayam sederhana yaitu opor ayam putih yang diolah dengan bumbu seperti biasa. 

Sumber: merdeka.com
·        Opor ayam kampung adalah jenis opor ayam yang menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Rasanya tentu jauh berbeda dengan opor ayam putih, terutama pada tingkat keempukan dagingnya.
·        Opor ayam Lebaran adalah jenis opor ayam yang dibuat untuk acara istimewa yaitu hari raya. Biasanya, opor ayam disantap bersama dengan ketupat. 
·        Opor ayam padang, yaitu jenis opor yang memiliki tekstur agak berbeda, yaitu berwarna kuning kemerahan. Jenis opor ayam ini biasanya bercita rasa pedas. Wajar saja, tiap masakan padang memang memiliki identitas seperti ini.
·        Opor ayam betawi yaitu opor ayam yang umum dimasak oleh masyarakat di Betawi.
Nah, selain jenis-jenis opor ayam ini, masih ada berbagai jenis lain yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Resep opor ayam bergantung pada kebiasaan dan tradisi yang dilakukan secara turun-temurun.
Manfaat Mengonsumsi Opor Ayam
Sumber: food.detik.com
Tiap makanan tentu memiliki dampak bagi tubuh. Jika makanan tidak sehat, tubuh pun akan menjadi tidak sehat. Nah, bagaimana dengan opor ayam? Apakah makan opor ayam tidak membuat kesehatan tubuh bermasalah?
Salah satu manfaat opor ayam adalah sumber asupan protein bagi tubuh. Kandungan ini berasal dari bahan utama daging ayam. Namun, alangkah baiknya jika ayam yang digunakan adalah ayam kampung sehingga lebih bagus, baik dari segi rasa maupun manfaatnya bagi tubuh.
Opor ayam yang dibuat dari santan juga memiliki manfaat penting bagi rambut. Santan dipercaya dapat membuat rambut tubuh lebih subur. Selain itu, kandungan di dalam santan dapat memperkuat tulang, memenuhi kebutuhan zat besi, dan menjadi sumber energi bagi tubuh.
Manfaat lainnya bisa didapatkan dari daun salam. Bukan hanya membuat makanan menjadi lebih lezat, daun salam juga dapat meredakan nyeri maag, melawan bakteri dan jamur, serta mengurangi kadar gula. Anda pun akan terhindar dari penyakit karena mengonsumsi rempah seperti bawang merah pada opor ayam. Kandungan dalam bawang merah dapat memperkuat sistem imun tubuh.
Selain itu, ada berbagai bahan penting lainnya yang terdapat pada opor ayam. Jika Anda mengonsumsinya dalam porsi yang tepat, dampaknya akan baik bagi kesehatan. Sebaliknya, jika berlebihan, dapat berakibat buruk bagi kesehatan.
Sebagai sajian yang kerap dihidangkan pada acara spesial, opor ayam memang menjadi salah satu makanan favorit. Selain membuatnya sendiri, Anda juga bisa membeli kuliner opor ayam di restoran maupun tempat makan. Supaya lebih hemat, Anda bisa menggunakan ShopBack saat melakukan transaksi pembayaran. Aplikasi ShopBack memungkinkan Anda untuk menerima cashback.
Jadi, meriahkan hari-hari istimewa Anda dengan menyiapkan menu opor ayam di meja makan. Selamat menikmati!

You Might Also Like

0 komentar

Rhialitage