URUTAN PEMAKAIAN SKINCARE

by - September 25, 2020

 

Banyak dari teman-teman yang masih sering bertanya soal urutan menggunakan skincare yang baik dan benar itu seperti apa. Mungkin ini hal yang sepele, tapi jika dilakukan sesuai urutan yang benar, hasil yang didapat dari skincare tentu akan jauh lebih maksimal. Lalu bagaimana urutan skincare yang sesuai? Yuk simak!

1.  PEMBERSIH WAJAH

Tahap awal, tentunya kita harus pastikan membersihkan wajah dengan bersih. Aku sendiri biasanya menggunakan double cleansing. Pertama menggunakan micellar water, atau hanya sekedar tisu basah juga sudah cukup jika habis keluar rumah. Kecuali jika full make up, aku menggunakan make up remover, dan itu pun jarang sekali. Setelah dirasa cukup bersih, barulah mencuci wajah dengan sabun wajah. Untuk bersih maksimal, usap seluruh bagian wajah dan leher sambil memijat lembut. Utamakan juga bagian hidung, dagu dan bibir karena bekas lipstick sering sekali tertinggal. Setelah 1-2 menit, barulah bilas dengan air, lalu keringkan menggunakan tisu atau handuk khusus wajah.

2.  TONER

Toner salah satu skincare yang menurutku penting juga. Produk ini bisa membantu kita untuk memastikan apakah wajah kita sudah benar-benar bersih dan tidak ada sisa make up atau kotoran yang tertinggal. Biasanya aku menggunakan kapas terlebih dahulu, baru setelah itu tuang secukupnya di telapak tangan dan tepuk-tepuk ke wajah secara perlahan. Kulit jadi terasa lebih segar dan juga lembap. Pernah tahu info kalau di korea penggunaan toner ini juga sangat dianjurkan lho, bahkan hingga 7 kali pemakaian dalam setiap penggunaanya. Wow! Katanya itu salah satu kunci kecantikan kulit orang-orang korea. Kalau aku sih cukup dua kali aja, biar hemat geuls! Hehe

3.  ESSENCE

Salah satu tahap kesukaan aku ya pakai essence. Biasanya essence itu teksturnya sangat cair, jadi mudah menyerap ke kulit. Essence yang sekarang aku pakai juga terdapat kandungan alkohol yang memang terasa ada sensasi dingin ketika pemakaian. Biasanya penggunaan essence hanya dituang ke telapak tangan dan langsung ditepuk-tepuk ke wajah secara perlahan. Penggunaannya 2 kali sehari, pagi dan malam.

4.  SERUM

Bagian yang paling aku suka, adalah penggunaan serum wajah. Kenapa? Karena ini adalah salah satu booster yang juga dapat mencerahkan kulit wajah kita. Pemakaian serum yaitu 2 kali sehari, pagi dan malam. Tekstur serum beragam, ada yang cair, tidak terlalu cair, dan kental. Kalau aku suka yang cair atau yang tidak terlalu cair karena lebih cepat menyerap ke kulit. Untuk aromanya, biasanya serum itu jauh lebih kuat dibandingkan item yang lainnya. Penggunaan serum secara rutin, dapat membuat kulit jauh lebih lembap dan halus. Untuk jangka panjangnya mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam/bekas jerawat.

5.  KRIM/PELEMBAP WAJAH

Setelah penggunaan serum, selanjutnya adalah krim wajah. Pemakaiannya tentu 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam. Aku selalu memilih krim/pelembap wajah di pagi hari yang mengandung SPF. Ini sangat dianjurkan, apalagi buat kita yang aktivitasnya suka keluar rumah. SPF ini bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar UV. Karena cuaca Pontianak juga cukup panas, aku selalu pakai pelembap minimal SPF 30. Aku rasa cukup karena aku lebih banyak menghabiskan aktivitas di rumah saja. Nah untuk malam harinya, aku terbilang tidak terlalu riweuh. Yang penting krim malam itu tidak lengket sudah pasti aku pilih. Biasanya krim malam juga mengandung bahan pencerah wajah. Jadi kalau penggunaannya rutin, wajah lebih cerah secara maksimal. Bangun tidur langsung ngerasa cantik! haha

6.  PELEMBAB BIBIR

Ini adalah produk yang kelihatannya jarang diutamakan, padahal ini juga penting lho! Masih ada beberapa orang yang menyepelekan, tapi buat aku itu keliru. Aku punya bibir yang tipenya kering banget. Jadi dari dulu selalu pakai pelembap/serum bibir untuk menutrisi bibir. Alhamdulillah setelah rutin pakai, bisa mengurangi bibir pecah-pecah dan membuat bibir jauh lebih lembap. Untuk yang sering pakai lip matte, penggunaan pelembap/serum bibir ini juga cocok banget. Penggunaannya bisa 2-3 kali sehari atau ketika dirasa kering ya pakai aja. Untuk pendamping agar hasilnya lebih maksimal, biasanya aku juga scrub bibir 2 kali seminggu. Ini juga ngefek banget di bibir aku. Beda banget kalau habis pakai scrub bibir. Pokoknya, bibir jauh terlihat lebih sehat, dan kelihatan lebih bagus juga kalau pakai lipstick.

7.  PRODUK TAMBAHAN

Di luar urutan skincare pokok, ada beberapa tambahan seperti penggunaan masker, atau pelembap lainnya itu sesuai kebutuhan kita. Aku sendiri suka maskeran 1-2 minggu sekali. Termasuk yang jarang banget ya. Tapi kalau rutin 2-3 kali seminggu itu udah bagus banget. Terus, aku juga suka pakai aloe vera gel buat menutrisi kulit. Aku pakai setiap hari sebelum pakai krim wajah, atau bisa juga dipakai buat masker sebelum tidur. Apalagi kulitku itu suka tiba-tiba kering, aloe vera gel bisa dijadikan penolong banget. Asli! Teman-teman juga pasti punya produk tambahan masing-masing sesuai kebutuhan. Jadi bisa disesuaikan dengan jenis kulit kamu ya.

Selain memperhatikan urutan yang benar, pastikan juga produk yang kita pakai itu aman dan cocok untuk kulit kita. Semua yang aku sampaikan di sini berdasarkan pengalamanku, yang tentu belajar dari beberapa referensi artikel yang pernah aku baca juga. Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat buat teman-teman ya!



Terima kasih sudah membaca!



You May Also Like

0 komentar

Rhialitage