TIPS MEMILIH SKINCARE

by - October 30, 2020

 

Foto : Tanpa menggunakan filter tambahan.

Ada yang sedang bingung memilih skincare untuk perawatan kulit wajah? Jika iya, artikel ini mungkin akan sedikit membantu kebingungan kamu dalam hal memilih, kira-kira skincare seperti apa yang cocok untuk kulit kamu. Ini berdasarkan pengalaman pribadi, siapa tahu kamu punya cerita yang sama dengan aku. Simak yuk!

APA ITU SKINCARE?

Buat aku, skincare itu adalah suatu produk yang bisa membantu agar kulit kita tetap sehat. Aku tidak pernah mencari produk skincare yang bisa memutihkan kulit. Sejatinya, kulitku ini masuk dalam kategori medium. Jadi, ya apa adanya saja. Tapi jika kita rutin merawatnya, kulit akan tampak cerah dengan sendirinya dan pastinya butuh waktu untuk mencapai hasil yang maksimal.

Banyak sekarang dijual produk pemutih instant, tapi belum tentu itu baik untuk kulit. Bahkan ada produk yang berbahaya, sehingga bisa merusak kulit kita. Nggak mau kan kalau sampai begitu? Jadi, harus hati-hati ya! Apa saja tips untuk memilih skincare yang cocok? Kita mulai dari langkah awal!

KENALI JENIS KULIT

Salah satu langkah awal dalam pencarian skincare adalah kenali jenis kulit kamu. Apakah kulit kamu itu normal? berminyak? kombinasi? Atau bahkan sensitif? Karena jika kita sudah mengenal jenis kulit, itu sangat memudahkan untuk mencari skincare apa yang kira-kira bisa digunakan untuk kulit kita.

RISET PRODUK SKINCARE

Langkah yang satu ini juga sangat penting! Ada banyak skincare yang dijual dipasaran maupun produk-produk dari klinik kecantikan. Mulai dari produk lokal sampai luar negeri. Bahkan kadang kita bingung dan tergiur ingin mencoba semuanya. Benar nggak? Ya, sama aku juga begitu kok. Tips dari aku kita harus banyak riset kira-kira produk apa saja yang rating penjualannya dikenal baik. Seperti testimoni jujur dari pengguna skincare tersebut. Kenali kelebihan dan kekuranan dari produk tersebut. Selanjutnya yang paling penting adalah aman digunakan, yaitu memiliki nomor BPOM/Sertifikasi Halal. Khusus untuk ibu hamil, sangat disarankan untuk lebih selektif dan konsultasikan kepada dokter/yang ahlinya.

Bagaimana cara kerja risetnya? Misalnya dari 10 skincare, kamu bisa buat perbandingan mana yang lebih unggul dari berbagai aspek. Mulai dari kandungannya, cek jangan sampai ada yang memicu alergi pada kulit kita. Harganya, apakah sesuai dengan kantong kita, dan jangkauannya juga, kalau bisa utamakan produk tersebut mudah ditemukan dimanapun atau jika mengharuskan pembelian online, jangan sampai menyulitkan kita.

BERANI MENCOBA

Setelah menetapkan produk yang sekiranya cocok untuk kulit kita. Selanjutnya adalah berani mencoba. Sebenarnya hal ini sangat beresiko, tapi kalau nggak dicoba ya tidak akan tahu hasilnya. Tips dari aku, jika kita ingin mencoba produk baru, jangan langsung membeli satu paket. Biasanya dalam satu paket skincare dari satu brand, ada facial wash, toner, day cream, night cream dan serum. Kalau cocok semua, itu sangat bagus. Tapi kalau nggak cocok? Sudah keluar uang untuk beli, pas dicoba ternyata nggak cocok? Sedih kan jadinya.

Nah, kita bisa mencoba dulu dari facial wash-nya minimal dalam tiga hari. Dalam penggunaan tersebut, kita juga jangan mencampur skincare apapun, supaya kita bisa tahu hasilnya dan sambil menetralkan kulit kita dari skincare sebelumnya. Untuk yang belum pernah memakai skincare apapun menurutku justru akan jauh lebih aman ketika ingin mencoba produk baru.

Tanda nggak cocok itu seperti apa? Menurut pengalamanku, tanda penolakan kulit jika tidak cocok dengan suatu skincare adalah, timbul breakout seperti jerawat, beruntusan, kering, kusam, gatal-gatal, sampai parahnya kulit menjadi iritasi/kemerahan,

Jika dirasa 1 sampai 3 hari tidak ada kendala apapun, barulah mencoba toner-nya. Selanjutnya jika cocok, lanjutkan dengan day cream dan night cream, lalu yang terakhir serum. Jika tidak cocok di salah satu produknya ya jangan dilanjutkan, disesuaikan saja mana yang cocok. Tips ini direkomendasikan untuk mencoba produk drugstore ya, jika produknya racikan klinik atau dokter spesialis, sangat dianjurkan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak yang bersangkutan, karena pasti mereka lebih ahli dalam merekomendasikan produk mana yang cocok dengan kulit kamu.

Foto : Tanpa menggunakan filter tambahan.

JANGAN KETERGANTUNGAN

Agak sulit sih sama yang satu ini, tapi menurutku memang penting. Jangan menggunakan produk yang membuat kulit menjadi ketergantungan. Jadi kalau nggak pakai produk itu, kulit kamu yang misalnya udah bagus, malah jadi kusam atau rusak karena nggak pakai produk tersebut. Tipsnya adalah, mengkombinasikan produk skincare yang kita punya.

Misalnya, kita cocok dengan produk racikan kilinik atau dokter, nah kita juga bisa mencoba dan pakai produk drugstore. Contoh, facial wash-nya dari brand A, serum-nya dari brand B, essence-nya dari brand C. Dengan catatan kandungan produknya sesuai dengan jenis kulit kita. Menurut pengalamanku, dengan kita mengkombinasikan produk skincare yang kita pakai, kulit akan lebih kebal dan mudah menerima jika suatu saat kita ingin merubah rangkaian skincare.

SKINCARE ROUTINE!

Banyak banget yang tanya, soal skincare yang aku pakai. Jujur aku punya beberapa produk di dalam rangkaian skincare routine sehari-hari. Aku juga masih sering coba banyak produk kok, lebih ke penasaran dan pengen coba aja intinya. Kalau untuk produk yang rutin dipakai saat ini, ada yang dari produk drugstore dan ada juga skincare utama, pilihannya jatuh sama produk lokal asal Yogyakarta, yaitu Elsheskin. Dari pertama kali coba, nggak pernah ada masalah kulit yang aku rasakan. Justru produk ini sangat membantu mengatasi masalah kulitku seperti menghilangkan bekas jerawat yang sebelumnya betah banget selama bertahun-tahun.

Foto : Tanpa menggunakan filter tambahan.

Kenapa memilih Elsheskin menjadi produk skincare utama untuk sehari-hari?

Yang utama adalah karena cocok di kulitku yang jenisnya normal. Produknya tidak membuat ketergantungan, aman karena sudah memiliki nomor BPOM/Halal MUI, Harganya terjangkau, dan mudah ditemukan. Khusus ibu hamil bisa pakai, tapi sesuai rekomendasi dari pihak elsheskin. (Wajib Konsultasi)

Dari beberapa produk elsheskin yang aku punya, andalan aku saat ini adalah serumnya, yaitu Radiant Skin Serum. Buat teman-teman yang mau konsultasi dan cari tahu info lebih banyak tentang produk ini bisa langsung ke Website Elsheskin atau istagramnya di @elsheskin. Kalau teman-teman yang sudah coba dan cocok, aku nawarin Kode Promo potongan 10% untuk pembelian via WA/Line. Lumayan banget lho! Caranya mudah kok, bisa cantumkan kodenya di bawah ini, nanti tinggal bilang aja sama Costumer Service-nya ya!

SQUADRHIALITA

Dari semua tips di atas, sekali lagi ini berdasarkan pengalaman pribadi. Boleh diterapkan atau juga tidak. Semua tergantung pribadi masing-masing, karena cara memilih skincare setiap orang pasti berbeda-beda. Terima kasih buat teman-teman yang sudah menyimak artikel ini. Semoga sedikitnya bisa bermanfaat ya!







You May Also Like

0 komentar

Rhialitage