7 CARA SEDERHANA UNTUK HIDUP SEHAT

by - July 13, 2022

Gaya hidup sehat memang menjadi dambaan setiap orang ya. Termasuk aku dan keluarga kecilku. Apalagi semenjak punya bayi, tentunya aktifitas jadi berubah. Tapi aku berusaha untuk tetap menjaga kesehatanku dan keluarga dengan cara yang sederhana. Menurutku, sesuatu yang dimulai dari hal kecil, pasti berdampak baik, apalagi jika dilakukannya secara rutin. Apa saja cara sederhana yang aku terapkan supaya bisa memiliki pola hidup sehat?


ISTIRAHAT

Bagiku yang sekarang sudah menjadi seorang ibu, istirahatku itu adalah tidur. Apalagi kalau anak lagi tidur, aku kadang juga suka ikut tidur. Kenapa? Karena kalau lagi bangun, anaknya pasti minta ditemani, digendong, minum susu dll. Walaupun ada yang bilang, “kalau anak tidur itu ibunya kerja!”

Kalimat itu nggak berlaku untuk aku yang fisiknya lemah dan gampang sakit. Kalau kecapean nanti yang ribet diri sendiri, akhirnya anak dan suami nggak keurus, rumah berantakan, cucian numpuk dan masih banyak perintilan lainnya lagi yang akhirnya malah bikin aku jadi stress. Intinya aku nggak mau maksain badanku untuk kerja. Selagi aku mampu aku kerjain, kalau nggak yaudah minta bantuan aja sama suami.

Misalnya, aku nggak sempat masak ya beli, nggak sempat nyuci ya laundry. Sesederhana itu. Eits tapi bukan setiap hari ya! Sekarang fokusnya lebih ke bayi sih, ditambah aku urus sendiri semuanya, jadi tenaganya pun terkuras ke si bayi. Jadi, kalau aku beda pendapat boleh dong ya. Hehe.. atau ada yang sama kayak aku? Kalau bisa mengerjakannya semua, wah kalian Ibu Juara!

BERJEMUR

Rutinitas berjemur ini sangat baik untuk asupan vitamin D. Caranya mudah dan gratis! Senangnya, berjemurnya sekarang sama si bayi. Hehe.. emang bawaannya males banget kalau harus berjemur setiap hari. Kalau aku sih solusinya selang seling. Hari ini berjemur, besok nggak, lusa berjemur lagi. Atau kadang kalau lagi musim hujan begini, matahari suka ngumpet, jadi mendung dan nggak bisa berjemur, yasudah cuma menghirup udara segar aja cukup. Dengan kita menghirup udara segar, badan dan pikiran juga akan lebih relax.

MINUM AIR PUTIH

Cara sederhana untuk hidup sehat berikutnya adalah minum air putih yang cukup. Bukan banyak ya, tapi cukup! Di rumah, aku selalu sedia tempat minum yang ukurannya 1 liter. Jadi dalam sehari 2 kali isi aja cukup. Minumnya juga nggak sekaligus ya, sedikit tapi sering. Minum air putih juga ternyata bisa mendetox tubuh lho! Si air putih ini membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh kita yang dibuang lewat urine.

KONSUMSI MAKANAN BERGIZI

Aku dan suami termasuk orang yang nggak pilih-pilih makanan. Saking nggak pernah pilih-pilih, suka coba-coba deh makanan ini itu yang belum tentu sehat. Tapi semua itu berubah setelah punya anak. Kami ingin selalu hidup sehat dengan cara mengonsumsi menu makanan sehat.

Di samping itu sebagai ibu menyusui, asupan makanan sehat dan bergizi sangatlah penting untuk kualitas ASI yang nantinya diberikan pada si kecil. Jadi apa makanan sehatnya? Intinya yang dimasak di rumah. Walaupun lauknya sederhana, tapi kita jamin kebersihannya sendiri. Selain sehat, masakan rumahan itu juga hemat. Benar tidak mams? Hehe

BOOSTER DENGAN VITAMIN

Vitamin yang pertama adalah dari buah. Tapi nggak setiap hari aku bisa beli buah. Selanjutnya adalah sayur. Lagi lagi nggak setiap hari aku bisa beli sayuran. Solusi sederhananya adalah minum booster vitamin. Seperti aku yang alhamdulillah rutin minum madu dan suplemen vitamin, seperti vitamin C dan E. Selain konsumsinya nggak harus dikupas dan dimasak dulu, booster vitamin ini cukup membantu daya tahan tubuh kita agar tetap sehat.

MENJAGA KEBERSIHAN

“Bersih pangkal sehat” semua tahu dong ya istilah itu? Inilah yang aku terapkan dalam rumah. Aku itu tipe orang yang jarang banget olahraga. Sekalinya olahraga badan sakit-sakit dan pusing. Jadi aku terapkan untuk banyak bergerak aja seperti jalan kaki di dalam rumah, atau gerakin badan dengan bersih-bersih rumah. Beberes, nyapu, ngepel, ngelap-ngelap, dll itu aku selalu kerjain.

Nggak tahu kenapa aku tuh nggak betah kalau rumah berantakan atau kotor. Apalagi tempat tidur, harus selalu aku bersihkan dan rapikan setelah bangun tidur. Nah, dengan begitu badanku jadi bergerak. Walaupun hasilnya nggak seperti olahraga banget, tapi minimal berkeringat juga lah ya. Haha..

Selain bebersih rumah, aku selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan. Pokoknya setiap aktifitas apapun aku selalu nggak lupa cuci tangan. Apalagi kalau bersentuhan sama bayi kita harus bersih kan!

Menjaga kebersihan yang terakhir adalah Mandi! Selain bisa fresh lagi, mandi juga bikin semua kuman dan kotoran di badan kita luntur. Apalagi kalau habis dari luar rumah, atau suami pulang kantor. Mandi hukumnya wajib! Jadi, dengan mandi, Kesehatan badan kita juga tetap terjaga.

REFRESHING

Refreshing di sini nggak mesti jalan-jalan ke luar kota, luar negeri, atau tempat wisata kok. Cukup dengan hal hal yang kita sukai di rumah. Kalau aku biasanya nonton film, dengerin musik atau ngobrol bareng suami itu udah salah satu bentuk refreshing buatku. Tentunya pas anak lagi tidur ya! Walaupun sebentar, itu membantu banget supaya otak kita nggak capek mikir kerjaan terus. Jangan sampai kita stress cuma gara-gara nggak pernah refreshing ya! Karena kalau kita udah down, stress, lelah, itu bisa memicu penyakit. Amit amit jangan sampai deh! Yuk ah healing sebentar dan tambahin juga pikiran yang selalu positif supaya kita selalu sehat!

Itulah beberapa cara sederhanaku untuk hidup sehat dalam rutinitas sehari-hari yang biasa aku lakukan di rumah bersama dengan keluarga. Sebenarnya sangat umum dilakukan setiap orang, tapi tentu terkadang sulit untuk dimulai dan dijalankan. Benar nggak mams? Pokoknya semangat terus untuk hidup sehat!

Inilah #CeritaIbuJuara versi aku, kalau kamu gimana?

 

You May Also Like

0 komentar

Rhialitage