TIPS MENJAGA KESEHATAN BIBIR

by - February 14, 2021


Pentingkah menjaga kesehatan bibir? Buat yang punya tipe bibir kering pasti akan bilang iya. Aku termasuk yang punya tipe bibir super kering. Memangnya kendala apa yang akan dirasakan saat memiliki bibir yang kering? Tentunya ada, misalnya seperti bibir terlihat pecah-pecah, bahkan sampai ada yang luka karena saking keringnya.

Selanjutnya adalah saat memakai lipstick, apalagi yang teksturnya seperti lip matte, akan terlihat kurang bagus ketika diaplikasikan pada bibir yang tipenya kering. Maka dari itu, orang yang tipe bibirnya kering seperti ini harus lebih ekstra menjaga kesehatan bibirnya. Lebih tepatnya kelembapannya, agar tampak lebih sehat. Bukan hanya bibir yang kering saja, yang tidak kering pun sangat bisa melakukannya. Apa saja upaya untuk menjaga kesehatan bibir?

MEMAKAI PELEMBAP BIBIR

Pelembap bibir sangat banyak macamnya. Ada yang bentuknya lip balm, ada yang bentuknya lip jelly, ada juga lip butter dan lainnya. Semua tergantung cocok atau tidaknya menggunakan yang mana. Aku juga sudah mencoba berbagai macamnya untuk merawat bibirku yang super kering ini. Tapi waktu itu aku coba yang agak berbeda, yaitu lip serum. Jujur baru tahu ada yang namanya serum bibir. Norak banget sih, hehe.

Baca Juga : Elsheskin Lip Serum

Setelah coba ternyata enak banget, teksturnya tuh menyerap ke kulit dan nggak bikin lengket. Kalau serum bibir begini nggak berwarna ya, jadi memang hanya untuk menutrisi lapisan kulit bibir yang kering sampai ke dalam-dalamnya. Produk serum bibir yang aku pakai adalah Elsheskin Lip Serum. Kemasannya super mungil jadi bisa dibawa kemanapun. Biasanya aku pakai pagi dan malam hari bersamaan saat pakai skincare, atau biasanya aku oles sebelum menggunakan lipstick. Bahkan kadang kalau lagi ngerasa kering aku pakai juga, jadi sesuai kebutuhan aja.

RAJIN SCRUB BIBIR

Melakukan scrub bibir ternyata penting juga lho! Karena dengan rajin melakukannya, bisa membantu membuat bibir kita akan jauh lebih lembap. Untuk scrub bibir ini biasanya 2-3 kali dalam seminggu udah cukup banget. Selain melembapkan, scrub bibir juga bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir, jadi bonusnya bibir akan jauh lebih cerah. Alhasil, ketika nantinya kita memakai lipstick, lip tint bahkan lip matte, tekstur dan warnanya akan lebih merata saat diaplikasikan. Bukan hanya buat para perempuan aja ya, tapi laki-laki juga sangat bisa menggunakannya. Karena manfaatnya kan memang untuk melembapkan aja.

Baca Juga : Elsheskin Lip Sugar Scrub

Produk yang aku pilih di sini dari Elsheskin juga yaitu Elsheskin Lip Sugar Scrub. Harganya masih affordable banget buat kalangan menengah, nggak akan bikin kantong bolong! Pemakaiannya juga bisa hemat banget, 1 jar kecil ini bisa aku pakai sekitar 4 sampai 5  bulanan. Mungkin pemakaian setiap orang bisa berbeda ya. Soalnya kalau aku kadang suka kelupaan juga, minimal 1 minggu cuma sekali aja. Hehe.. tapi benar deh, scrub bibir ini berpengaruh banget. Bisa dicoba di rumah dengan scrub bibir apapun yang kamu punya atau favorit kamu ya!

ASUPAN AIR YANG CUKUP

Menjaga kesehatan bibir yang kering bukan hanya dari luar aja, tapi juga dari dalam. Kenapa? Supaya hasilnya bisa lebih maksimal. Asupan air yang cukup, itu bisa membuat kulit kita akan jauh lebih lembap. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan minum air putih.

Kurang lebih sekitar 2 liter dalam sehari, atau sekitar 8 gelas, sesuaikan juga dengan kegiatan yang kamu lakukan ya. Kalau kamu yang kegiatannya banyak menguras tenaga akan ada potensi nantinya dehidrasi kalau kurang minum, atau seharian di ruang ber-AC itu harus banyak minum air supaya kulit kita nggak kering.

Tips dari aku supaya nggak malas minum air putih atau biar nggak kelupaan, yaitu beli tempat minum khusus yang menarik, seperti warna kesukaan atau ada gambar/motif favorit kita, disarankan juga yang punya ukuran minimal 1 liter supaya nggak malas harus bolak balik isi minum. Dalam sehari cukup isi ulang 2 kali aja, Alhasil minum jadi lebih semangat!

Asupan air bukan hanya dari air putih aja, bisa juga konsumsi buah atau sayuran, itu malah tambah bagus, selain mineralnya, vitaminnya juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Otomatis kulit bibir juga akan jauh lebih sehat.

Mungkin tipikal bibir kering ini karena sudah bawaan dari jenis kulit masing-masing atau memang bisa dari gaya hidup. Seperti kurangnya makanan yang sehat atau sudah terkontaminasi dengan produk lippen yang banyak macamnya.

Setiap orang punya caranya masing-masing untuk menjaga kesehatan bibirnya, mungkin caraku ini terlihat sangat sederhana bahkan mungkin sudah pada tahu semua. Tapi yang sulit itu adalah untuk rutin melakukannya. Benar nggak? Pasti banyak banget kan kendalanya, ya lupa, ya nggak sempat, atau malah malas. Jadi, ini sebagai pengingat aja, bahwa kesehatan bibir juga adalah salah satu yang harus diperhatikan!

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat ya! Terima kasih sudah membaca!




You May Also Like

0 komentar

Rhialitage